News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melompat Lebih Tinggi Membangun Supertim Penjaminan Mutu Menuju Peringkat Akreditasi Unggul untuk Program Studi dan PT

Melompat Lebih Tinggi Membangun Supertim Penjaminan Mutu Menuju Peringkat Akreditasi Unggul untuk Program Studi dan PT

Melompat Lebih Tinggi Membangun Supertim Penjaminan Mutu Menuju Peringkat Akreditasi Unggul  untuk Program Studi dan PT


 Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.

Dosen PBSI FKIP UNS, Ketua Umum ADOBSI, & Pegiat LIterasi Arfuzh Ratulisa

Email: rohmadi_dbe@yahoo.com/Youtube: M Rohmadi Ratulisa


“Kawan, membangun supertim penjaminan mutu yang kreatif dan unggul untuk melompat lebih tinggi menuju program studi dan PT memiliki peringkat akreditasi Unggul merupakan keniscayaan yang berkelanjutan”

Kunci  utama membangun budaya mutu dan meningkatkan peringkat akreditasi program studi dan PT unggul adalah melakukan evaluasi diri secara berkelanjutan. Penjaminan mutu internal program studi (prodi) dan perguruan tinggi (PT) memiliki peran penting dalam rangka untuk mewujudkan kepercayaan publik berbasis mutu atau kualitas. Penjaminan mutu prodi dan PT menjadi acuan bagi masyarakat untuk memilih prodi dan PT yang dijadikan pedoman pilihan kuliah anak-anaknya. Oleh karena itu, prodi dan PT berlomba-lomba untuk terus meningkatkan mutu layanan akademik dan nonakademik bagi seluruh masyarakat dengan layanan prima. Titik tumpu pengembangan prodi dan PT sangat dipengaruhi oleh animo dan input mahasiswa, kualitas sumber daya manusia, yakni dosen, tendik, dan laboran. Selain itu sarana prasarana, dan pengembangan kurikulum berbasis merdeka belajar kampus merdeka (mbkm) sangat diperlukan sebagai rujukan kolaborasi PT dengan dunia usaha dan industri. Upaya pengembangan diri untuk terus mewujudkan penjaminan mutu prodi dan PT harus didukung dengan supertim penjaminan mutu yang cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif dalam segala konteks pengembangan dan penjaminan mutu prodi dan PT yang berkesinambungan dalam pelaksanaannya.

Penjaminan mutu PT dan prodi harus didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI) yang diturunkan menjadi sistem penjaminan mutu internal (SPMI)/standar nasional perguruan tinggi (SNPT) di PT masing-masing sesuai dengan kemampuan dan daya pengembangan kampus yang bersangkutan. Kemudian SPMI menjadi rujukan UPPS/Fakultas dan prodi untuk melaksanakan, mengevalusi, menindaklanjuati, menegndalikan, dan meningkatkan capaian kinerja berdasarkan standar yang telah ditetapkan dalam bentuk dokumen SPMI di PT. Upaya untuk melompat lebih tinggi dalam rangka meningkatkan mutu prodi dan PT harus didasarkan pada SPMI yang dilaksanakan berdasarkan siklus PPEPP, yakni Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan. Perwujudan pelaksanaan siklus PPEPP tersebut dapat dilihat dari laaporan kinerja program studi (LKPS), laporan kinerja perguruan tinggi (PT), dan laporan evaluasi diri UPPS/PS dan PT. Dengan demkian upaya untuk melompat lebih tinggi menuju prodi dan PT terakreditasi unggul merupakan keniscayaan yang dapat direalisasikan secara bertahap oleh prodi dan PT di seluruh wilayah NKRI.

Program studi dan PT harus terus memberikan layanan prima dan mewujudkan budaya mutu secara berkelanjutan dengan melompat lebih tinggi menuju prodi dan PT terakreditasi unggul melalui langkah setrategri yang terencana dan terimplementasikan secara komprehensif. Rencana strategis tersebut dapat dilakukan dengan menumbuhkembangkan tiga pilar utama, yakni (1) input, (2) proses, dan (3 output/luaran. Berdasarkan tiga pilar tersebut dapat direalisasikan melalui input mahasiswa yang dipilih, proses pembelajaran yang diterapkan berbasis project based learning (PjBL), problem base learning (PBL), studi kasus, dan aneka model pembelajaran aktif lainnya yang selaras dengan era digital dan pengembangan literasi dengan Ratulisa (rajin menulis dan membaca) untuk multigenerasi NKRI. Upaya-upaya yang dikembangkan secara periodik dan berkelanjutan ini diharapkan akan terus bersinar, seperti  bintang yang menyejukkan bagi yang memandang,  menjadi bulan yang sinarnya menyejukkan, dan menjadi matahari yang sinarnya selalu memotivasi dan menginspirasi multigenerasi NKRI di taman bunga matahari dan istana arfuzh tercinta.

Pengembangan dan penyatuan visi kelembagaan supertim penjaminan mutu sangat diperlukan dalam rangka melompat lebih tinggi menuju akreditasi prodi dan PT unggul. Berbagai upaya harus terus direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi, dikendalikan, dan ditingkatkan sesuai dengan konteks pembelajaran generasi era industri 4.0 dan 5.0, Dengan demikian diperlukan SDM tendik dan nontendik yang mmemiliki kompetensi hardskill dan softskill secara berimbang dalam segala konteks pembelajaran. Peningkatan dan pengembnagan diri dosen dan tenaga kependidikan ini harus dilakukan secara beriringan agar dapat mendukung terwujudnya tri dharma PT secara komprehensif dan berkelanjutan. Penyatuan gagasan, pandangan, yang berbeda tanpa komitmen yang jelas, visioner, berkelanjutan tentu tidak dapat menjadi rujukan untuk mewujudkan peringkat akreditasi prodi dan PT unggul. Oleh karena itu, diperlukan  big data yang menjadi pusat sumber literasi digital dan program kerja yang saling mendukung untuk mewujudkan supertim penjaminan mutu yang tangguh, kreatif, inovatif, produktif, inspiratif, dan berkelanjutan. 

Semangat untuk membangun supertim penjaminan mutu di tingkat universitas, UPPS/Fakultas, dan prodi secara kompak dan berkesinambungan untuk mewujudkan simbiosis mutualisme tentu akan berdampak positif untuk kemajuan dan keungulan prodi dan PT. Upaya melengkapi dan melakukan perbaikan sarana prasarana, laboratorium multimedia, laboratorium keilmuan, laboratorium microteching, dan aneka laboratorium pendukung lainnnya menjadi keniscayaan yang harus dilakukan oleh pemangku kepentingan di prodi, UPPS/Fakultas, dan prodi secara komprehensif. Dengan demikian, kerinduan untuk memiliki prodi dan PT yang unggul inputnya, unggul prosesnya, unggul luarannya akan dapat terwujud dengan mudah dengan segala perjuangan untuk mewujudkan program kerja secara berkelanjutan. Mari bersama kita satupadukan komitmen kelembagaan untuk mewujudkan visi, misi, tujuan, dan strategi pengembangan prodi dan PT untuk menjadi rujukan nasioan dan internasional sebagai wujdu pembeda, keunggulan, dan branding prodi dan PT.

“Kawan, kerinduan tak akan lekang oleh waktu namun perjuangan untuk merindu semesta akan terbayar dengan kebahagiaan saat kita berani dan mampu untuk melompat lebih tinggi dengan ratulisa sebagai guru imajinasiku sepanjang masa”

Larantuka, 2 Februari  2023

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.