News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Begini Kreatifnya Murid-Murid Kelas IV SD Islam Terpadu Nur Hidayah Solo Membuat Poster Tentang Lingkungan Menggunakan Aplikasi Canva

Begini Kreatifnya Murid-Murid Kelas IV SD Islam Terpadu Nur Hidayah Solo Membuat Poster Tentang Lingkungan Menggunakan Aplikasi Canva

Begini Kreatifnya Murid-Murid Kelas IV SD Islam Terpadu Nur Hidayah Solo Membuat Poster Tentang Lingkungan Menggunakan Aplikasi Canva


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (alexainfoterkini.com) foto ; istimewa

Solo (31/01) Murid-murid kelas 4 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta berkreasi membuat poster tentang lingkungan menggunakan aplikasi canva, Rabu (01/02) siang, di aula sekolah dilanjutkan di ruang kelas masing-masing. Mereka dipandu oleh guru kelas masing-masing.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengambil tema Peduli Lingkungan. Sekaligus mendukung program sekolah yang sedang mempersiapkan diri menjadi Calon Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Jawa Tengah.


Koordinator Kegiatan P5 Kelas 4, Kara Ayu Pratiwi, S.Pd.SD, menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan sarana Informasi Teknologi untuk membuat poster.

"Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan sarana infomasi teknologi untuk hal-hal yang positif. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi canva untuk membuat poster. Mereka dilatih cara mendownload dan menggunakan aplikasi tersebut," terang Kara.

"Hari ini mereka diperbolehkan membawa handphone dengan izin orang tuanya hanya khusus digunakan saat kegiatan P5 membuat poster. Hasil poster yang sudah dibuat selanjutnya dikirim kepada guru kelas untuk selanjutnya diambil nilai unjuk kerja dan produk," lanjutnya.


Murid-murid dikenalkan dahulu tentang apa itu Canva dan bagaimana cara menggunakannya untuk membuat karya, salah satunya poster. Mereka tampak antusias mengikuti penjelasan sekaligus mempraktikkan setahap demi setahap.

Salah satu murid kelas 4A, Muhammad Zafar Adziqo Indrayana (9) menyampaikan rasa senangnya dapat membuat poster tentang lingkungan menggunakan canva.

"Hari ini aku diajari cara membuat poster menggunakan aplikasi canva. Ternyata hasilnya lebih menarik dan lebih hidup. Karena dapat diberi musik dan animasi. Aku baru pertama kali membuat poster menggunakan aplikasi canva. Ternyata menyenangkan, karena tidak terlalu sulit dan kita dapat berkreasi dengan gadget IT," ujarnya.


Sementara murid kelas 4 lainnya, Farhana Nur Karima (10), murid kelas 4D dapat menjelaskan langkah-langkah membuat poster menggunakan aplikasi canva.

"Pertama, menginstal aplikasi canva di playstore. Lalu buka aplikasi canva, lalu pilih ukuran poster 42x59.4 cm. Selanjutnya memilih template sesuai tema. Lalu mengganti konten (tulisan/ukuran/jenis font) sesuai gambar atau tema," terang Farhana. 

"Langkah selanjutnya adalah memberi efek berupa musik, gambar bergerak, atau lainnya. Setelah poster dirasa sudah baik, langkah terakhir kita mendownload canva tersebut," terangnya.


Waka Humas SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, Rahmat Hariyadi, S.Pd yang ikut melihat proses dan hasil unjuk kerja hasil produk poster dari murid-murid memberikan apresiasi tersendiri.

"Hasil poster yang dibuat murid-murid menggunakan aplikasi canva sangat kreatif, menarik, dan beragam. Meskipun dibingkai dalam sebuah tema. Kami sangat mengapresiasi karya mereka. Mereka cepat sekali menangkap, memahami, dan mempraktikkan aplikasi canva, meskipun mereka baru pertama kali membuatnya," terang Rahmat.

"Tentu kegiatan ini selaras dengan program sekolah yang sedang mempersiapkan diri sebagai Calon Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah. Setelah sebelumnya diadakan lomba majalah dinding dan lomba taman kelas, mulai dari kelas 1A hingga 6D," lanjutnya.


"Mudah-mudahnya  menjadi pengalaman belajar yang semakin mengokohkan profil pelajar pancasila pada setiap murid. Murid yang semakin beriman bertakwa dan berakhlak mulia, mandiri, kreatif, bernalar kritis, bergotong royong, serta berkebhinekaan global," harapnya.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.