News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sejumlah Agama Tanda Tangani Persaudaraan Kemanusiaan Untuk Perdamaian Dunia

Sejumlah Agama Tanda Tangani Persaudaraan Kemanusiaan Untuk Perdamaian Dunia

 Sejumlah Agama Tanda Tangani Persaudaraan Kemanusiaan Untuk Perdamaian Dunia


ditulis kembali oleh eko prasetyo (Alexainfoterkini,com) foto : Eko Prasetyo

Surakarta - Berbagai tokoh agama Surakarta baik, Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha menandatangi Pernyataan Sikap Tokoh Agama, di aula Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Kamis (2/2). 


Pada kesempatan itu tampil seminal Persaudaraan Manusia Internasional dengan tema Dokumen Abu Dhabi Untuk Persaudaraan Dunia dan Koeksistensi, tampil sebagai narasumber Syekh Abdul Aziz Mahmud Abdul Aziz Zaid dari Universitas Al Azhar Mesir, Romo Dr Aloys Budi Purnama Pr (Unika Semarang), KH Taslim Sahlan, MSi, Ida Bagus Komang Suarnawa, M.Pd.H, Bhikku Dhammamito, Pdt Izza Lattu, Ph D. 


Mereka membacakan pembacaan sikap umat beragama dalam rangka memperingati hari persaudaraan manusis Internasional, 1. Menentang segala bentuk konflik dan kekerasan dalam bentuk apapun, 2. Membangun persatuan dan persaudaraan antar umat manusia untuk perdamaian dunia, 3. menjalin kerja sama umat beragama untuk keberlangsungan peradaban umat manusia yang toleran dan saling menghormati.


Lebih lanjut Prof Dr. H, Mudhofir, SAg, M.Pd mengatakan Kami dengan tegas menyatakan bahwa agama tidak pernah memprovokasi peperangan, sikap kebencian permusuhan dan ekstremisme. Agama juga tidak memancing kekerasan atau pertumpahan darah. Realitas tragis ini merupakan akibat dari penyimpangan ajaran agama. 


Hal tersebut adalah hasil dan manipulasi politik agama dan dari penafsiran yang dibuat oleh kelompok-kelompok agama yang dalam perjalanan sejarah, telah mengambil keuntungan dan kekuatan sentimen keagamaan di hati umat, baik perempuan maupun laki-laki. Untuk membuat mereka bertindak dengan cara yang tidak berkaitan dengan kebenaran agama.  


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.