News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kemahasiswaan UMS Ranking 14 dari Ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia

Kemahasiswaan UMS Ranking 14 dari Ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia

 Kemahasiswaan UMS Ranking 14 dari Ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia


ditulis kembali oleh Eko PRasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : istimewa

SURAKARTA - Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melantik 983 pengurus yang tergabung dalam 28 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat universitas periode 2023. 

Pengurus baru tersebut dilantik dan dikukuhkan secara langsung oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengkaderan Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D., di GOR Kampus 2 UMS, Selasa (21/2). 

Dalam kesempatan pelantikan tersebut, Ihwan Susila menegaskan kesiapan dan kesanggupan para pengurus UKM dalam menjalankan tugas dengan penuh amanat, dedikasi tinggi, menjaga nama baik kampus, serta menaati peraturan yang berlaku di UMS.


Dia juga menyebutkan bahwa Kemahasiswaan UMS saat ini berada di ranking 14 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Pemeringkatan ini didasarkan atas aktivitas dan prestasi kemahasiswaan.

"Saat ini kita berada di ranking 14 dari pemeringkatan Kemahasiswaan Indonesia. Dari sekian ribu perguruan tinggi swasta dan negeri, alhamdulillah kita berada di ranking 14. Maka kita ingin agar nantinya keberadaan pengurus UKM ini bisa memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa yang mungkin belum menjadi pengurus tetapi bertindak di bidang masing-masing, maka insyaAllah nanti prestasi kita akan semakin meningkat dan kita akan diperhitungkan di kancah nasional," kata Wakil Rektor 3 UMS itu. 

Selain itu, Ihwan juga berharap organisasi mahasiswa bisa menjadi penyedia minat dan bakat untuk aktivitas kemahasiswaan.


"Tentu kita berharap semua ormawa bisa mengakomodasi minat bakat maupun aktivitas mahasiswa yang lain dan tentu saja mereka harus berprestasi minimal mereka bisa punya prestasi di tingkat provinsi maupum nasional. Dan banyak sekali sekarang Ormawa kita yang punya prestasi di tingkat internasional. Kita ingin agar visi misi UMS kita ke depan menjadi perguruan tinggi World Class University bisa di support dari kegiatan kemahasiswaan juga," pesan Ihwan Susila.

Setiap UKM di kampus ini, lanjutnya, diberikan pembina atau pendamping yang memiliki konsen atau kemampuan yang sesuai. Dalam pelantikan ini, para pembina dari masing-masing organisasi turut hadir dan memberikan selamat.

Kabag Minat & Bakat dan Beasiswa Biro Kemahasiswaan Drs. Suyatmin, M.Si., menyampaikan kegiatan reorganisasi dan pelantikan ini merupakan salah satu indikator dari keberlangsungan pelaksanaan program kerja masing-masing UKM. Seperti yang telah dilakukan oleh salah satu UKM tingkat kampus yang bergerak di bidang jurnalistik, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Pabelan. 


Muhammad Iqbal selaku Pimpinan Umum LPM Pabelan mengatakan bahwa organisasinya telah melakukan reorganisasi di bulan Desember dan dalam waktu dekat akan melakukan program kerjanya seperti pelatihan jurnalistik.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.