News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ayat-ayat Semesta untuk Kampus UNS Tercinta sebagai Kado Terindah Dies Natalis UNS ke-47

Ayat-ayat Semesta untuk Kampus UNS Tercinta sebagai Kado Terindah Dies Natalis UNS ke-47

Ayat-ayat Semesta untuk Kampus UNS Tercinta

sebagai Kado Terindah Dies Natalis UNS ke-47



Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.

Dosen PBSI FKIP UNS, Ketua Umum ADOBSI, & Pegiat LIterasi Arfuzh Ratulisa

Email: rohmadi_dbe@yahoo.com/Youtube: M Rohmadi Ratulisa


"Kawan,  keindahan dan kenangan memantik rindu untuk terus berliterasi bersama dengan ratulisa (rajin menulis dan membaca) di kampus UNS tercinta"

“Selamat ulang tahun untuk Kampus UNS-ku, UNS-mu, UNS-kita tercinta yang ke-47. Semoga kampus UNS tercinta terus menjadi pusat sumber literasi mulltigenerasi NKRI   dan dunia untuk menyebarkan virus-virus positif  ayat-ayat semesta ke seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Keberadaan kampus UNS tercinta tidak dapat dilepaskan dari sejarah awal berdirinya UNS tahun 1976 yang dimulai dengan bergabungnya IKIP Surakarta dengan Sekolah Tinggi Olah  Raga Surakarta, Universitas Cokroaminoto Surakarta menjadi Universitas Gabungan Surakarta (UGS), dan selanjutnya pernah ditetapkan dengan nama Universitas Negeri Surakarta (UNS), dan akhirnya berubah menjadi Universitas Sebelas Maret Surakarta yang disingkat dengan UNS. Komitmen UNS sejak 11 Maret 1976 sampai dengan 11 Maret 2023 untuk menjadi pusat pengembangan dan pengkajian IPTEKS berlandaskan nilai-nilai budaya luhur nasional untuk multigenerasi NKRI. Komitmen ini sebagai bukti nyata bahwa UNS tercinta benar-benar menanamkan akar yang kuat sebagai pondasi dasar dan menumbuhkembangkan proses belajar dan membelajarakan diri untuk multigenerasi NKRI dengan tri dharma perguruan tinggi tiada henti dan terus mengikuti perkembangan zaman. Terima kasih untuk Bapak Rektor UNS tercinta, beliau Bapak dr. Prakoso, Prof. Dr. Kunto Wibisono, Prof. Dr. Haris Mujiman, M.Pd., Prof. Dr. Syamsul Hadi, Sp.Kj., Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S., Prof. Dr. Jamal Wiwoho beserta jajarannya yang telah meletakkan pondasi dasar dan kuat serta memangun dan mengembangkan kampus UNS tercinta sejak 11 Maret 1976 s.d. 11 Maret 2023.

Keberadaan UNS tercinta terus bergerak dan menggerakkan semua poros pengembangan dan kajian keilmuan yang dapat menjadi modal dasar pengembangan sumber daya manusia (SDM) UNS yang kreatif, inovatif, produktif, dan inspiratif. Semua pola dan strategi pengembangan UNS yang dikemas dalam renstrategis jangka pendek, menengah, dan panjang menjadi pedoman memajukan UNS tercinta untuk terus menggeloarakan ayat-ayat semesta sebagai pusat sumber literasi dunia dalam berbagai bidang keilmuan dan implementasinya. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pergerakan status kampus UNS tercinta sejak 11 Maret 1976 sebagai kampus dengan tata kelola satuan kerja, kemudian bergerak naik kelas dengan tatakelola PT Badan Layanan Usaha (BLU), dan akhirnya sejak tahun 2020 telah naik kelas dengan tata Kelola PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Semoga peningkatan yang terus dilakukan oleh para pemangku kepentingan UNS beserta keluarga besar UNS yang tersebar di seluruh semesta raya ini benar-benar ikut memberikan dampak kemaslahatan untuk umat di mana pun berada, sehingga benar-bener seluruh keluarga besar UNS dapat menjadi rahmatan lil alamin dalam segala situasi dan kondisi untuk turut serta memajukan dan menyejahterakan seluruh masyarakat NKRI.

Keunggulan UNS yang memiliki beribu prestasi di tingkat nasional dan internasional, baik dosen, tendik, dan mahasiswa menjadi bukti bahwa Kampus UNS tercinta benar-benar sudah mengakar dan mendunia dalam berbagai konteks persaingan global secara berkelanjutan. Keberanian UNS tercinta untuk naik kelas sebagai PT BLU menjadi  PTNBH pun harus dikikuti perubahan cara pandang dan pola piker seluruh sivitas akademika secara terus-menerus dan berkelanjutan. Hal ini sebagai landasan dasar untuk segera keluar dari zona aman yang hanya bertumpu pada dana operasional UKT mahasiswa dan pendapatan lainnya tetapi harus mulai bergerak maju untuk mengembangkan jaringkan kerja sama sebagai bentuk perencanaan pendapatan sebagai bentuk perubahan sinergis dari PT BLU ke PTN BH. Semua progam studi S-1, S-2, S-3, fakultas, unit kerja, laboratorium, pusat studi, Lembaga, dan semua unsur yang dapat diberdayakan untuk menjadi ayat-ayat semesta untuk turut serta membangun dan memajukan NKRI harus mulai digali, dikembangkan, dikenalkan, ditawarkan, dan akhirnya menghasilkan pendapatan asli UNS sebagai PTNBH yang benar-benar memosisikan diri sebagai kampus yang sudah dewasa dan mandiri sejajar dengan kampus-kampus PTN BH di Indonesia yang sudah senior.

Upaya untuk mewujudkan kampus UNS tercinta terus menyebarluaskan ayat-ayat semesta ke berbagai pelosok penjuru dunia tentu harus dilakukan berbagai percepatan dalam berbagai bidang, antara lain: (1) membangun komitmen kelembagaan semua unsur sivitas akademika UNS, baik dosen, tendik, dan mahasiswa (2) bergotong royong untuk memajukan UNS tanpa pandang bulu berbasis kebhinekaan untuk kemajuan dan kejaaan UNS tercinta, (3) membangun jejaring kerja sama dengan dunia usaha dan industri (DUDI) di tingkat nasional dan internasional untuk memerdekakan dan mendukung tri dharma PT, (4) meningkatkan kualitas SDM Dosen, tendik, dan mahasiswa secara berkelanjutan berbasis revolusi industri dan karakter, (5) menjadikan pusat pelatihan berbasis tri dharma PT (pengajaran, penelitian, & pengabdian kepada masyarakat) yang menjadi  rujukan literasi dunia untuk mendukung gerakan literasi dunia yang berorientasi pada enam literasi  dasar (menulis & membaca, numerik, keuangan, digital, sains, budaya & kewargaan) dan keterampilan abad xxi yakni 4K: berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Dengan demkian UNS tercinta benar-benar membuktikan kekayaan intelektual berbasis nilai-nilai budaya nasional diwujudkan dalam tri dharma PT selama 47 tahun untuk ikut serta menyinari dunia, seperti bintang, bulan, dan matahari yang selalu menyinari bumi, baik tampak maupun tidak tampak oleh manusia.

Indahnya pesona ranting, daun, pohon, dan bunga yang harum mewangi sepanjang beranda istana kampus biru UNS tercinta menuju rekotorat, kemudian persona di sekitar lembah teknik Fakultas Teknik, menuju ke Fakultas Ekonomi Bisnis,UPT P2B, FISIP, Fak. Hukum, FSRD, FIB, FKIP, Masjid Nurul Huda, Kantor kemahasiswaan, Javanologi, Fakultas Kedoketeran, Fakultas Psiklogi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas MIPA, Fatisda,Laboratorium Terpadu, UPT TIK , UPT UNS Press, BHMN, dan Perpustakaaan UNS. Perpustaaan UNS sebagai pusat literasi dengan Ratulisa (rajin menulis dan membaca) yang memiliki 7 lantai dengan persona indah bunga matahari sebagai simbol perpustakaan UNS yang selalu ikut serta menyinari dunia, seperti tagline-nya Perpustakaan UNS: Prima & Unggul, serta yel-yel perpustakaan UNS: Perpustakaan:Pasti, UNS: Bisa, Perpustakaan UNS: Pasti Bisa Menyinari Dunia. Inilah pesona indah kampus UNS tercinta yang berada di Kampus terpadu Kentingan Surakarta. 

Kampus UNS tercinta juga menyebarluaskan ayat-ayat semesta melalui kampus satelit yang tersebar di kampus Ngoresan Kentingan, kampus Sekolah Vokasi di Panggung, kampus UNS Mesin, kampus FKOR di Manahan, Kampus PGSD FKIP UNS di Kerten, Pusat Pengembangan Bisnis di UNS, Kampus PTK FKIP UNS dan Rumah Sakit UNS di Pabelan, Kampus PGSD FKIP UNS di Kebumen UNS, dan Kampus UNS di Madiun yang selalau membuka ruang kesemestaan ayat-ayat semesta menyinari dunia dengan hasil karya penelitian dan pengabdian kepada masyrakat yang dihasilkan oleh sivitas kademika UNS, baik dosen, tendik, mahasiswa, alumni, dan stakeholder.

Kampus biru UNS tercinta telah menjadi bukti sejarah mengukir kenangan dan nostalgia terindah bagi putra-putri NKRI yang sudah menjadi mahasiswa dan alumni kampus UNS tercinta. Di mana pun keberadaannya, yakinlah bahwa alumni kampus biru UNS tercinta akan terus berinovasi tiada henti, kreatif, kritis, komunikatif, kolaboratif, produktif, dan inspiratif untuk turut serta mengabdi, membangun, dan memajukan UNS dan Indonesia tercinta dalam bingkai menyebarkan virus-virus positif ayat-ayat semesta kehidupan yang maslahat untuk umat di seluruh pelosok NKRI dan dunia. 

Keberadaan kampus UNS tercinta benar-benar menjadi pemantik dan daya pikat seluruh masyarakat Indonesia dan dunia karena kepiawean dan keunggulan seluruh sivitas akademika dan alumni UNS yang hebat luar biasa dalam berbagai konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia tercinta. Majulah Kampus UNS-ku, UNS-mu, UNS-kita untuk mendukung pembangunan dan kejayaan Indonesia tercinta. Jadilah pelita yang terus menjadi penerang dalam segala kegelapan semesta untuk menuju keindahan dan kenangan terindah sepanjang masa. Selamat ulang tahun Kampus biru, UNS tercinta yang ke-47. Semoga seluruh jajaran pemimpin UNS selalu sehat, sukses, bahagia, maslahat,  mengayomi, menentramkan, dan berkah   keluarga besar UNS, Bapak Ibu dosen, tendik, mahasiswa, alumni, stakeholder, dan seluruh masyarakat NKRI.  

“Mimpi dan imajinasi untuk selalau merindu semesta dalam bingkai keberagaman kenangan dan nostalgia akan memantik semangat untuk terus berliterasi dengan Ratulisa (rajin menulis dan membaca) di beranda cinta istana arfuzh tercinta”

Kampus Biru UNS, Kentingan Surakarta, 11 Maret 2023

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.