News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kantongi Akreditasi Unggul, Teknik Kimia UMS Berada di Kasta Tertinggi, Selevel ITB, dan UGM

Kantongi Akreditasi Unggul, Teknik Kimia UMS Berada di Kasta Tertinggi, Selevel ITB, dan UGM

Kantongi Akreditasi Unggul, Teknik Kimia UMS Berada di Kasta Tertinggi, Selevel ITB, dan UGM


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) , foto : Istimewa

SURAKARTA - Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil mendapatkan akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Senin (27/2), melengkapi lima program studi lain di Fakultas Teknik (FT) UMS yang juga telah mendapatkan predikat unggul.


Menurut Dekan FT Ir., Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.D pencapaian yang didapatkan oleh Prodi Teknik Kimia UMS dalam mendapatkan predikat unggul bukan lah hal mudah. Pasalnya di seluruh Indonesia, hanya 13 dari 83 Prodi Teknik Kimia yang baru mendapatkan predikat unggul tersebut. 

"Berdasarkan data dari BAn-PT sampai hari ini, di seluruh Indonesia itu ada 83 prodi Teknik Kimia, dari 83 itu baru ada 13 proi yang sudah terakreditasi unggul. Dan 13 itu artinya sekitar 15%, jadi baru 15% prodi teknik Kimia di Indonesia yang mampu meraih akreditasi unggul dari BAN-PT, dan alhamdulillah Teknik UMS adalah salah satunya," ungkap Ir., Rois Fatoni dengan senang.


Dia juga menyampaikan bahwa pencapaian ini layaknya berada di liga 1, karena di level tersebut terdapat top perguruan tinggi negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), juga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

"Dengan diraihnya status akreditasi unggul ini, Teknik Kimia UMS masuk di kasta tertinggi, yang kalau dalam kompetisi sepak bola itu di Liga 1, Liga Premiere, di liga paling tinggi, di sana ada ITB, ada UGM, ada UI, kemudian ada ITS, yang hanya 13 prodi tadi," ungkap Rois.

Menurutnya, dalam mendapatkan tingkatan tertinggi tersebut bukan hanya telah memenuhi standar yang disyaratkan oleh Pendidikan Tinggi (Dikti), tetapi juga harus melampaui standar tersebut. Dalam penilaian BAN-PT, Teknik Kimia UMS mencapai skor 375. Sementara itu untuk mendapatkan label unggul, diperlukan skor minimum 361. 


Dia juga berpesan kepada mahasiswanya untuk giat dalam mengukuti perkuliahan, karena kurikulum yang telah disusun oleh prodi sudah yang terbaik dan berorientasi internasional.

"Ikutilah proses pembelajaran yang sudah dirancang oleh bapak-ibu dosen, Kaprodi di prodi masing-masing dengan sungguh-sungguh, sebab itu sudah yang terbaik. Jadi kalau di kancah Indonesia itu sudah kasta pertama. Anda sangat beruntung bisa menempuh pendidikan di prodi Teknik Kimia UMS," pesannya.

Dan bagi stakeholder eksternal, dia sampaikan bahwa semua mahasiswa yang belajar di Teknik UMS dan prodi teknik lain di FT UMS dijamin telah melalui serangkaian proses pembelajaran yang terstandar.

Mengacu pada dorongan dari Rektor UMS, yang mana pada tahun 2025, setidaknya 25% prodi di UMS harus berakreditasi internasional, maka Dekan FT UMS itu menyatakan bahwa enam prodi di tingkat sarjana akan terakreditasi internasional 100%.  Dia juga mengatakan pada tahun ini, Teknik Kimia UMS akan mengajukan general acreditation ke Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).


"InsyaAllah tahun ini Teknik Kimia berbekal dari akreditasi unggul dan sudah mengantongi sertifikat akreditasi profesional dari IABEE. Ini akan kita ajukan ke general acreditation IABEE. Sehingga awal tahun depan, sudah ada 4 prodi yang sudah terakreditasi internasional," papar Dekan FT UMS.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.