News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

RS UNS Gelar Talkshow Bahas Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa

RS UNS Gelar Talkshow Bahas Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa

 

RS UNS Gelar Talkshow Bahas Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa


SOLO - — Memasuki bulan suci Ramadan 1444 H, Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar acara Satu Jam Lebih Dekat dengan mengusung tema Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa.  

Acara yang diselenggarakan secara daring melalui Live Instagram @rumahsakitUNS dan Youtube Rumah Sakit UNS, Senin (20/3/2023). menghadirkan narasumber dr. Coanna Sukmagautama, Sp.PD., M.Kes., FINASIM selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS UNS dan Banun Ma’rifah Fathsidni, S.Gz., selaku Ahli Gizi RS UNS. Adapun selama keberlangsungan acara dimoderatori oleh dr. Lamya Muthia Nabila, CIMI., sebagai Dokter RS UNS.  

dr. Coanna Sukmagautama, Sp.PD., M.Kes., FINASIM selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS UNS mengatakan bahwa untuk mempersiapkan tetap sehat dan bugar saat berpuasa pastikan dahulu bahwa tubuh kita siap untuk menjalankan ibadah puasa.  

“Puasa itu adalah ibadah yang menyehatkan. Artinya jika kita berpuasa tidak akan membuat tubuh kita tambah sakit atau lemas. Cara untuk tetap sehat dan bugar bisa dengan pastikan tubuh terhidrasi dengan menjaga asupan air putih. Karena ketika tubuh terhidrasi dengan baik dapat mengatasi lemas saat puasa. Jadi seminggu awal kita ada perubahan metabolisme. Akan tampak lebih capek lebih lemas,” ujar dr. Coanna.  

Kemudian jangan makan berlebihan saat waktu berbuka. Harus diberikan jeda untuk lambung kita mencerna makanan. Karena saat berpuasa tubuh mengalami proses autofagi yangmana proses tersebut membantu tubuh membersihkan diri dari sel-sel yang sudah tua dan rusak, sehingga dapat membentuk sel-sel baru yang lebih sehat.  

“Selanjutnya saat berpuasa hindari bermalas-malasan. Harus melakukan aktivitas fisik seperti olahraga yang bisa dilakukan saat menjelang buka atau setelah tarawih. Selain itu salat tarawih juga termasuk olahraga. Karena ketika salat tarawih kita tumaninah, maka hal tersebut termasuk ke dalam stretching. Kita tumaninah itu juga termasuk stretching,” tambah dr. Coanna.  

Sementara itu, Banun Ma’rifah Fathsidni, S.Gz., selaku Ahli Gizi RS UNS turut menghimbau untuk mengontrol waktu makan saat buka puasa. Berbukalah dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana untuk mengganti energi tubuh dengan cepat.  

“Kemudian juga jaga pola makan, mengatur asupan minum air putih sesuai kenyamanan tubuh, juga tidur yang cukup. Lebih lanjut, bagi sobat sehat yang memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menjalani pengobatan, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Hal ini untuk mencegah kemungkinan masalah saat nantinya berpuasa,” pungkas Banun. 


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.