News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Membudayakan Minat Baca Melalui Kegiatan Mendongeng, di Sangkrah Pasar Kliwon Solo

Membudayakan Minat Baca Melalui Kegiatan Mendongeng, di Sangkrah Pasar Kliwon Solo

Membudayakan Minat Baca Melalui Kegiatan Mendongeng, di Sangkrah Pasar Kliwon Solo


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini,com) foto : Istimewa

SOLO-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Unisri yang diketuai Dr Ch Evy Tri Widyahening mengadakan kegiatan di aula PKK Melati Bangsa RT 04/01 Sangkrah Pasar Kliwon Solo, 11 Maret dan 18 Maret 2023.

Kegiatan pengabdian masyarakat bertema "Membudayakan Minat Baca dan Pengenalan Bahasa Inggris melalui Kegiatan Mendongeng". Tema itu dipilih karena ada keprihatinan, terkait minat baca masyarakat khususnya anak-anak yang cukup rendah akibat keberadaan gadget dan internet.

"Kehadiran internet ini seperti pedang bermata dua. Karena di satu sisi memberi kemudahan bagi seseorang, khususnya anak, dalam mencari informasi dengan cepat dan mudah. Di sisi lain justru menjauhkan anak-anak dari dunia membaca yang sebenarnya," kaya Dr Evy.

Untuk itu perlu adanya pemberdayaan yang dilakukan guna mencapai budaya literasi yang berkualitas disertai bacaan-bacaan. Seperti buku bacaan dongeng bermutu yang mengandung nilai moral dan juga pembelajaran bahasa asing. 

Contohnya dengan penggunaan buku buku cerita bilingual yang menarik, sehingga anak tidak hanya menikmati cerita yang ada dalam buku, tapi juga dapat mengenal bahasa Inggris. 

"Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut dikhususkan pada ibu-ibu anggota PKK Melati Bangsa RT 04 RW 01 Sangkrah Pasar Kliwon Surakarta," kata dia.


Alasannya, kata Dr Evy, peran para ibu sebagai orang tua diharapkan mampu membudayakan minat baca dan pengenalan Bahasa Inggris untuk anak-anak mereka melalui kegiatan mendongengkan cerita yang diambil dari buku-buku cerita rakyat bilingual. 

Dengan kegiatan ini, para anggota PKK memperoleh pengetahuan yang sangat bermanfaat tentang bagaimana mendongeng yang menarik untuk anak-anak, bagaimana mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak melalui kegiatan mendongeng. 

"Selain itu, bagaimana menanamkan nilai nilai moral yang ada dalam buku cerita rakyat bilingual tersebut melalui kegiatan mendongeng," kata Dr Evy.

Ketua PKK Melati Bangsa RT 04 RW 01 Sangkrah Pasar Kliwon, V Endriana K menyambut baik kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan dan praktek dari Unisri yang diketuai Dr Ch Evy Tri Widyahening.

Menurut dia, kegiatan. untuk membudayakan minat baca melalui mendongeng itu sangat bermanfaat bagi ibu-ibu. Terutama anggota PKK Melati Bangsa, Sangkrah Pasar Kliwon.

Apalagi buku-buku cerita rakyat yang digunakan adalah buku bilingual. Sehingga anak-anak yang didongengi cerita tersebut tidak hanya menikmati cerita saja, tapi juga dapat belajar Bahasa Inggris.

"Kami berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan juga di tempat lain agar pemberdayaan masyarakat terhadap minat baca dapat dirasakan manfaatnya," kata Endriana.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.