News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UNS Mewisuda 1.022 Lulusan, 1 Diantaranya Memperoleh IPK 4

UNS Mewisuda 1.022 Lulusan, 1 Diantaranya Memperoleh IPK 4

 UNS Mewisuda 1.022 Lulusan, 1 Diantaranya Memperoleh IPK 4


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini) foto : Istimewa

SOLO-- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, mewisuda sebanyak 1.022 lulusan secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS pada Sabtu (8/4/2023). Dari 1.022 lulusan ini, terdapat 1 lulusan yang berhasil memperoleh Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 4 yaitu atas nama Dr. Mufti Reza Aulia Putra. 

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. mengucapkan selamat dan sukses kepada 1.022 wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikanya di berbagai jenjang di UNS. 


“Sebuah ungkapan jawa yang sangat dapat menginspirasi hidup kita, yang berbunyi “Sopo sing tekun, senajan nganggo teken, mesthi tekan"? Artinya siapa yang tekun walau dengan susah payah sampai memakai tongkat, atau walau harus menempuh jalan panjang, atau waktu yang panjang hingga tua, maka akhirnya pasti sampai atau tercapai tujuanya,” ujar Prof. Jamal dalam sambutannya.

Oleh karena itu, Prof. Jamal berpesan tidak perlu malu dan khawatir jika waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studinya, lebih lama dari yang seharusnya. Kesempatan untuk menggali lebih banyak pengalaman yang bermanfaat, barangkali salah satu hikmah yang telah petik. 

“Namun, saya percaya bahwa kalian merupakan bagian dari lulusan yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah, yaitu senantiasa mengamalkan ilmu yang dimiliki dan amal yang dilakukan berdasarkan pengetahuan (ilmu) dengan kandungan keilmiahan yang ada padanya. Janganlah kalian berhenti belajar, karena sesungguhnya kehidupan tak pernah berhenti memberi pelajaran,” imbuhnya. 

Dalam laporannya, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. menyampaikan Jumlah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 1.022 wisudawan. Terdiri dari Sekolah Pascasarjana sebanyak 48 wisudawan. Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 25 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) 42 wisudawan, Fakultas Hukum (FH) 78 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 64 wisudawan, Fakultas Kedokteran (FK) 140 wisudawan, Fakultas Pertanian (FP) 65 wisudawan, Fakultas Teknik (FT) 86 wisudawan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 287 wisudawan, Fakultas Keolahragaan (FKOR) 28 wisudawan, Fakultas MIPA 48 wisudawan, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) 35 wisudawan dan Sekolah Vokasi 76 wisudawan.


“Diantara para lulusan tersebut terdapat 277 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian,” ujar Prof. Yunus.

Kemudian terdapat lulusan-lulusan dengan capaian yang luar biasa. Diantaranya Lulusan tercepat dan termuda Program Doktor diraih oleh Mufti Reza Aulia Putra, Program Studi S-3 Ilmu Teknik Mesin, lama studi 2 tahun 6 bulan dengan IPK 4, usia sampai saat lulus 25 tahun 9 bulan. Lalu lulusan tercepat Program Magister diraih oleh Frannesty Estu Winahyu Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, lama studi 1 tahun 9 bulan dengan IPK 3,98. Lulusan termuda Program Magister, Septyan Dwi Nugroho Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, usia sampai saat lulus 23 tahun 4 bulan.

Lulusan tercepat Program Sarjana diraih Yemima Putri Mentari Sulistya Arini Daryanto, Program Studi Desain Komunikasi Visual, lama studi 3 tahun 5 bulan dengan IPK 3,90. Lulusan termuda Program Sarjana, Wahyu Islamiyah, Program Studi Pendidikan Geografi, usia sampai saat lulus 20 tahun 5 bulan

Sedangkan lulusan tercepat dan termuda Program Diploma IV diraih Thomas Srijaya Wardhana, 

Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil, lama studi 4 tahun dengan IPK 3,79, usia sampai saat lulus 20 tahun. Lulusan tercepat Program Diploma III, Muhammad Surya Baskara, Program Studi Teknik Sipil, lama studi 3 tahun dengan IPK 3,58. Serta lulusan termuda Program Diploma III, Ima Norma Shantika, Program Studi Bahasa Mandarin, usia sampai saat lulus 20 tahun 7 bulan.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.