News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

ITS PKU Menggelar Seminar Pencegahan Stunting

ITS PKU Menggelar Seminar Pencegahan Stunting

 ITS PKU Menggelar Seminar  Pencegahan Stunting


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini,com) foto : Istimewa

SOLO - ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menggelar Seminar dengan tema Pemantauan Tumbuh Kembang dan Gizi untuk Anak PAUD dalam Rangka Pencegahan Stunting di gedung Rektorat ITS PKU Muhammadiyah Surakarta jum'at, 9 Juni 2023. Seminar dilaksanakan kerjasama antara ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan Dinas Pendidikan. Yang diikuti 110 peserta perwakilan TK dan PAUD di Surakarta. Seminar di selenggarakan dengan nara sumber dari dosen ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Dewi Pertiwi DK, S. Gz., M. Gizi, Tria Puspita Sari, SST., M. Kes, Nurul Istiqomah, S. Kep., Ns., M. Kep. 


Sambutan Weni Hastuti selaku Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menyatakan bahwa Guru TK dan PAUD harus menjadi garda dan intervensi utama dalam percepatan pencegahan stunting. Karena Guru TK maupun PAUD, merupakan edukator yang memiliki sensifitas tinggi terhadap gizi, sekaligus sebagai fasilitator yang mampu mendorong stimulasi dalam upaya penanganan stunting, baik terkait pola makan, pola asuh, dan pola sanitasi bagi perkembangan kognitif dan tumbuh kembang anak. Mengingat masa perkembangan anak usia TK dan PAUD, merupakan masa keemasan pertumbuhan otak anak. Sedangkan stunting itu sendiri bukan hanya tentang fisik, akan tetapi dapat juga menghambat perkembangan kognitif, motorik dan verbal yang menyebabkan pertumbuhan tidak berjalan optimal.


Anak-anak bangsa adalah bagian dari masa kini dan masa depan. Sekarang kita rawat mereka, kelak mereka yang merawat bangsa. 

Seminar ini sebagai bentuk kerjasama dengan Pemerintah Kota dalam memberantas dan memerangi Stunting di kota Solo dan kali ini kita berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan. 


Sambutan dari Dinas Pendidikan penilik PAUD oleh putut Pindoseno, S. Pd., menyampaikan Harapannya Dinas Pendidikan PAUD kita menuju yang berkualitas sehingga kesejahteraan teman teman PAUD meningkat. Tantangan di PAUD adalah dapat mengajak ke masyarakat tentang menyeimbangkan antara akademik dan karakter.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.