News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNS Berikan Pembekalan Mahasiswa Baru di STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNS Berikan Pembekalan Mahasiswa Baru di STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri

 


Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNS Berikan Pembekalan Mahasiswa Baru di STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri

ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

Surakarta (15/08/2023) – Dosen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial da Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS), Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D. memberikan pembekalan pada kegiatan orientasi mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Negeri Raden Wijaya Wonogiri, Jawa Tengah. Kegiatan yang diikuti oleh 140 mahasiswa baru tersebut berlangsung selama 3 hari dari tanggal 14 hingga 16 Agustus 2023 di Ruang Aula STAB Raden Wijaya Wonogiri. Prahastiwi yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Wakil Dekan Bidang Riset, Akademik dan Kemahasiswaan FISIP UNS turut memberikan materi pada hari kedua (15/08/2023) bertajuk “Membangun Karakter Mahasiswa yang Memiliki Sikap Intelektual, Anti Kekerasan Seksual, Anti Perundungan, Anti Narkoba, Anti Korupsi dan Kampus Sehat”.


Dalam kesempatan tersebut, Prahastiwi menekankan kepada para peserta untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dalam memasuki dunia perguruan tinggi. Khususnya dalam manajemen waktu dan membangun relasi dengan lingkungan baru. “Memasuki masa perkuliahan, tidak ada lagi yang mengingatkan terkait jadwal, presensi dan kewajiban lainnya, semua kembali menjadi tanggung jawab masing-masing” ungkap Prahastiwi dalam penyampaiannya.  

Tampak antusiasme para peserta dalam mengikuti dan menyimak pemaparan materi dari narasumber. Hal ini terlihat dengan banyaknya peserta yang turut mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab selepas penyampaian materi selesai. Berbagai pertanyaan dari mahasiswa baru mulai dari cara membagi waktu sebagai mahasiswa, hingga cara membangun serta terhindar dari relasi yang kurang baik atau biasa disebut dengan toxic relationship. Seluruh pertanyaan mahasiswa baru langsung ditanggapi sesuai kompetensi sebagai Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi.

Dalam kegiatan tersebut pula, sebagai upaya menyikapi banyaknya kasus yang terjadi di perguruan tinggi, Prahastiwi turut menyampaikan terkait Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Seperti diketahui, potensi kekerasan seksual dapat terjadi kepada siapa saja baik perempuan maupun laki-laki. Sesuai dengan regulasi nasional, perguruan tinggi telah membentu Satuan Tugas (Satgas) PPKS termasuk di STAB Negeri Raden Wijaya untuk memberikan pendampingan dan penanganan pada para korban yang mengalami kekerasan seksual. 


Sebelum menutup penyampaian materinya, Prahastiwi turut menyampaikan harapan agar para mahasiswa baru dapat menyelesaikan studinya tepat waktu dengan hasil semaksimal mungkin. Harapan tersebut sebagai dukungan Prahastiwi sebagai pendidik dalam membangun rasa optimis mahasiswa baru STAB Raden Wijaya Wonogiri dalam memulai kehidupan di perguruan tinggi.



Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.