News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

OPINI Rohmadi : Bangun Sikap Nasionalisme dan Patriotisme Berbasis Literasi Sejarah Perjuangan Kemerdekaan RI untuk Multigenerasi NKRI

OPINI Rohmadi : Bangun Sikap Nasionalisme dan Patriotisme Berbasis Literasi Sejarah Perjuangan Kemerdekaan RI untuk Multigenerasi NKRI

OPINI Rohmadi : Bangun Sikap Nasionalisme  dan Patriotisme Berbasis Literasi Sejarah Perjuangan Kemerdekaan RI untuk Multigenerasi NKRI


 Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum.

Dosen PBSI FKIP UNS, Ketua Umum ADOBSI, & Penggiat Literasi Arfuzh Ratulisa

Email: rohmadi_dbe@yahoo.com/Youtube: M Rohmadi Ratulisa

"Kawan, rasa memiliki untuk mencintai dan menyayangi dalam kesemestaan akan terukir sepanjang masa melalui rasa bahagia yang dirasakan sepanjang masa"

Ada apa dengan Indonesia Merdeka, 17 Agustus 2023? Dua minggu terakhir ini menuju tanggal 17 Agustus 2023 ada pemandangan yang terlihat berbeda di setiap gang, jalan, dan semua taman-taman di seluruh wilayah desa sampai kota. Semua wilayah tampak meriah dan dihiasi dengan aneka bendera merah putih, lampu warna-warni,  dan aneka perangkat model replika-replika perjuangan pahlawan nasional yang dipajang. Selain itu, hampir semua gang dan kampung dalam rangka menyongsong peringatan  hari kemerdekaan RI ke-78 dengan berbagai lomba dan kegiatan yang unik, menarik, meriah, dan menyenangkan, baik untuk anak-anak, remaja, dan orang tua. Dengan demikian, sikap nasionalisme dan patriotisme akan semakin tumbuh berkembang dan menjadi virus-virus positif bagai seluruh multigenerasi NKRI.

Semua kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membangun sikap nasionalisme bagi seluruh masyarakat Indonesia. Berbagai kegiatan dan upaya terus dilakukan dengan mengedepankan aneka literasi dengan Ratulisa (rajin menulis dan membaca) terhadap pengetahuan dan sejarah perjuangan kemerdekaan RI. Perlu diberikan informasi, peristiwa-peristiwa perjuangan para pahlawan nasional, dikenalkan 38 provinsi NKRI sehingga seluruh anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua akan memiliki rasa nasionalisme terhadap Indonesia tercinta. Apabila semua panitia peringatan kemerdekaan RI dapat berpartisipasi untuk dapat menyebarluaskan virus-virus positif karakter nasionalisme kepada multigenerasi NKRI maka akan lahir generasi-generasi NKRI yang tangguh, kreatif, inovatif, produktif, dan inspiratif.

Era digital saat ini akan menjadi lebih mudah untuk dapat saling berbagi dan memantik literasi sejarah kemerdekaan NKRI. Media-media digital dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat untuk ikut berpartisipasi menyebarkan virus-virus positif untuk memiliki dan menjiwai nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Dengan demikian seluruh masyarakat Indonesia akan memiliki benteng yang kuat untuk menjaga dirinya sendiri dari berbagai paham yang akan merusak rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme terhadap NKRI sepanjang masa. Oleh karena itu, peran semua pemangku kepentingan, baik secara formal maupun informal untuk dapat menanamkan sikap nasionalisme, baik secara langsung maupun tidak langsung. Keterlibatan semua pihak harus menjadi salah satu pilar promosi, edukasi, dan juga komunikasi antarsemua pihak untuk dapat melahirkan multigenerasi NKRI yang memiliki jiwa patriotisme dan sikap nasionalisme yang kuat.

Peringatan kemerdekaan RI ke-78 harus berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini sebagai wujud dan bukti bahwa ada upaya peningkatan sikap nasionalisme dan jiwa patriotisme kepada seluruh masyarakat Indonesia. Alangkah baiknya dimulai pada ranah keluarga, ranah sekolah jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, PT, dan seluruh organisasi sosial, pemerintah, swasta, dan semua komponen yang menjadi bagian NKRI harus dilibatkan dan melibatkan diri untuk menjadi bagian supertim untuk membangun SDM NKRI yang berkarakter nasionalisme dan berjiwa patriotisme. 

Sekali lagi, mari pekikkan merdeka, merdeka, merdeka. Pekikan itu akan mengingatkan kembali masa-masa perjuangan para pahlawan nasional NKRI pada masa perjuangan yang penuh dengan pengorbanan. Dengan demikian, semua akan terjadi sinkronisasi dan harmonisasi nilai-nalai nasionalisme dan patriotisme dan nasionalisme bagi multigenerasi NKRI pada peringatan NKRI. Inilah salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah untuk melahirkan profil pelajar Pancasila dan masyarakat yang pancasilais.

“Merdeka menjadi kata yang diimpikan oleh seluruh semesta yang terjajah dan tertindas tetapi mulailah dengan memerdekan diri untuk dapat memerdekakan lingkungan di sekelilingmu” 

Beranda Cinta Istana Arfuzh Ratulisa, 15 Agustus 2023

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.