News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peringati HUT Pramuka Ke-62, SD Islam Terpadu Nur Hidayah Solo Adakan Upacara, Gelar Karya, dan Pentas Tarian

Peringati HUT Pramuka Ke-62, SD Islam Terpadu Nur Hidayah Solo Adakan Upacara, Gelar Karya, dan Pentas Tarian



Peringati HUT Pramuka Ke-62, SD Islam Terpadu Nur Hidayah Solo Adakan Upacara, Gelar Karya, dan Pentas Tarian

 ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

SOLO (14/08) -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 62, SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta menggelar Upacara Bendera, Gelar Karya Pramuka, dan Pentas Tarian di halaman sekolah, Senin (14/08) pagi.


Kegiatan upacara ini diikuti oleh guru dan seluruh murid-murid kelas 5. Upacara dipimpin langsung oleh Kamabigus SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, Kak Rahmat Hariyadi, S.Pd yang juga merupakan Kepala Sekolah.


Dalam amanat upacaranya, Kak Rahmat Hariyadi, menyampaikan bahwa tema yang diusung dalam peringatan HUT Pramuka Ke-62 tahun ini adalah Menjadi Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional.


"Praja Muda Karana (Pramuka) merupakan kumpulan muda-mudi yang terus melatih diri menjadi insan yang beriman bertakwa, cerdas, terampil, gembira, cinta kasih kepada alam dan sesama manusia," ujar Kak Rahmat.

Gerakan pramuka dengan segala aktivitasnya diharapkan mampu membentuk dan mempersiapkan diri tiap generasi muda, menjadi sumber daya manusia yang profesional dan proporsional. Dilatih kedisiplinan dalam baris berbaris, dilatih problem solving dalam kegiatan wide game, dilatih ketangkasan dalam kegiatan outbound.

“Kalian mengikuti kegiatan upacara hari Pramuka dengan penuh kedisiplinan dan sungguh-sungguh menjadi salah satu upaya untuk menuju sikap profesional. Petugas upacara menjalankan tugasnya dengan baik hingga tuntas juga menjadi bagian dari upaya menuju sikap profesional. Sikap ini harus kita latih sejak dini," sambung Kak Rahmat dalam amanah upacaranya.

"Selamat Hari Pramuka Ke 67, semoga kita semua dapat meresapi dan melaksanakan Dasa Darma Pramuka yang sangat selaras dengan Profil Pelajar Pancasila. Menjadi manusia yang beriman bertakwa berakhlak mulia, mandiri, kreatif, bernalar kritis, bergotong royong, dan berkebhinekaan global," pungkas Kak Rahmat.

Usai upacara bendera, ada tampilan Tari Semapure dan Tari Kreasi Jawa oleh beberapa murid SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Ayunan semapur yang kompak dan formasi yang apik dimainkan dengan penuh semangat. Apalagi diiringi dengan iringan lagu yang bernuansa herois.


Tak kalah menariknya, tampilan Tari Kreasi Jawa oleh beberapa murid. Dimainkan dengan rancak dan kompak oleh para penari. Tembang "Prau Layar" mengalun merdu mengiringi gerak para penari.

Salah satu Penari Semapur, Malik Akbar Nasrullah, murid kelas 5B menyampaikan rasa senanngnya bisa menampilkan Tarian Semapur dengan timnya.


"Alhamdulillah, senang dapat tampil bersama teman-teman. Awalnya agak grogi, lama-lama menikmati. Ternyata semapur dapat digunakan sebagai alat komunikasi," ujar Akbar.

Pada kesempatan ini juga ditampilkan hasil karya ekstrakurikuler Pramuka dari para murid. Mereka berkreasi membuat miniatur bumi perkemahan dalam bentuk 3 dimensi.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.