News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SIPA 2023 Hadir di Benteng Vastenburg Solo

SIPA 2023 Hadir di Benteng Vastenburg Solo


 SIPA 2023 Hadir di Benteng Vastenburg Solo

ditulis kembali oleh Yusuf Santoso (Alexainfoterkini.com)

SOLO - Solo International Performing Artd (SIPA) akan kembali digelar di Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September 2023 mendatang. Tahun ini merupakan kali ke 15 SIPA diselenggarakan sejak pertama kali digelar pada tahun 2009. Pergelaran mahakarya seni internsdionsl ini sksn mrnsmpilksn seni tari, seni musik dan seni teater dari Indonesia dan mancanegara.

Festival seni pertunjukkan yang menjadi agenda tahunan kota Solo ini diselenggarakan oleh Pemerintahan Kota Surakarta bekerjasama dengan SIPA Community dan Semarak Candrakira Art Center. Penyelenggara SIPA juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Propinsi Jawa Tengah.

Panggung SIPA 2023 akan dimeriahkan oleh delegasi berbagai komunitas dan sanggar seni baik dalam negeri maupun luar negari. Delegasi dalam negeri datang dari Riau, Medan, Yogyakarta, Solo, Banjarmasin, Bandung, Kendari, Kupang, Kalimantan Tengah dan Tenggarong, Kutai Kertanegara. Delegasi luar negeri dari tujuh negra, yakni Korea Selatan, Malaysia, Singgapura, Lithuania, Jepang dan Taiiwan.


Event budaya SIPA akan diselenggarakan dengan konsep hybrid selama tiga malam berturut-turut dan dapat disaksikan oleh masyarakat umum secara gratis muali pukul 19.00 WIB. Selain diselenggarakan secara langsung di Benteng Vastenburg  Solo, panggung acara juga disiarkan secara daring melalui kanal Yuatube SIPA Festival. Benteng Vastenburg dipilih sebagai lokasi pargelaran karena memiliki nilai heritage dan kawasannya yang strategis.

Penyelenggaraan SIPA 2023 juga menggandeng pelaku UMKM melalui sebuah kemasan kegiatan art  mart  bertajuk SIPA Urban Market. Program SIPA Urban Martket merupakan terobosan baru dari penyelenggaraan SIPA untuk memberikan ruang bagi pelaku UMKM di kota Solo. Berbagai produk berupa makanan minuman, fashion, kerajinan dan lain-lain yang berbasis budaya masyarakat Solo akan dihadirkan dalam pasar kreatif ini.

Pergelaran SIPA sebagai bagian dari event budaya juga turut mengemban visi dan misi untuk kemajuan kehidupan kota Solo. Visi sebagai sarana untuk pelestarian dan pengembangan seni pertunjukan, sedangkan misinya sebagai bagian dari revitalisasi pariwisata kota Solo. Revitalisasi pariwisata menempatkan event budaya pergelaran SIPA sebagai bagian dari desyinasi branding dengan seni pertunjukan sebagau selling point-nya

 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.