News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Siswa Sisei Kelas 2 SDIT Nur Hidayah Kembangkan Kreativitas dengan Pembuatan Kolase Jagung

Siswa Sisei Kelas 2 SDIT Nur Hidayah Kembangkan Kreativitas dengan Pembuatan Kolase Jagung



ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

Hari ini Sabtu (12/7) cuaca cerah. Sang surya  mulai menampakkan sinarnya menghangatkan suasana pagi ini. Tampak  para  murid kelas 2 SDIT Nur Hidayah bergegas menuju gerbang sekolah. Dengan pakaian seragam muslim muslimah rapi mereka menuju kelas masing - masing untuk mengikuti serangkaian kegiatan hari ini.  mengikuti Salah satu agenda utama hari ini adalah kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).


Sebelum kegiatan P5 dimulai, para murid dibiasakan dengan aktivitas muroja'ah bersama dan sholat dhuha di teras depan kelas 2. Seluruh murid kelas 2 terlihat khusyuk dan bersemangat dipandu oleh Ustadzah Pipit Anugraheni , S. Pd. Tujuan ini aktivitas ini untuk pembentukan karakter disiplin dan tertib dalam beribadah. 

Selesai melaksanakan sholat dhuha dan dzikir, murid kelas 2 masuk ke kelas masing-masing untuk melakukan kegiatan kolase tanaman jagung. Seluruh murid kelas 2 menyiapkan lem dan biji jagung kering dari rumah. Para murid mulai menempelkan biji jagung satu persatu ke gambar jagung yang sudah disediakan. Mereka membuat kolase tanaman jagung dengan ketekunan, kesabaran, dan kehati - hatian agar hasil kolasenya bagus dan rapi. Para murid  melaksanakan kegiatan tersebut dengan senang, semangat,  antusias dan tanggung jawab.


Usai pembuatan kolase , setiap guru menanamkan pembiasaan karakter kebersihan dan kerapian. Setiap siswa diminta  untuk membersihkan dan merapikan kembali tempat dan semua bahan yang sudah tidak digunakan. Mereka pun melaksanakan dengan senang dan penuh tanggungjawab.

Kegiatan kolase jagung ini merupakan  lanjutan dari kegiatan P5 pekan lalu. Dengan mengusung tema Kearifan Lokal para guru mengambil obyek pohon jagung dalam rangka mengenalkan  kepada para murid tentang pohon jagung dan manfaatnya bagi kehidupan.


 Beberapa  manfaat yang dikenalkan dari pohon jagung  diantaranya sebagai tanaman pokok, olahan dari jagung dimanfaatkan untuk berbagai makanan, seperti jasuke, popcorn, jagung bakar dimana sebagian besar anak-anak menyukainya"  papar Pipit.


Saya suka sekali dengan jagung, dan kegiatan kolase ini sangat menarik. Karena bisa melihat jagung seperti jagung sebenarnya, kolasenya memakai biji jagung asli" kata Sheza Maryam kelas 2A. 


Tujuan  kegiatan ini , menumbuhkan kreativitas  para murid dan memberikan wawasan yang  luas tentang kearifan lokal yang ada dilingkungan sekitar.  Para murid pun diharapkan akan semakin mencintai kearifan lokal yang dimiliki oleh daerahnya sendiri.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.