News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mengenal SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta

Mengenal SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta

Mengenal SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta 

ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com)

SOLO- SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta terletak di Banjarsari, Surakarta. SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta tahun ini mempunyai total jumlah siswa sekitar 350 yang berasal dari sekitar Surakarta. SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta ini sudah terakreditasi A. SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta mengikuti kuruikulum nasional, kurikulum PP Muhammadiyah dan ada juga kelas ICT sehingga menggunakan kurikulum internasonal.

Untuk menjadi siswa-siswi SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta, calon murid harus melakukan tes seleksi yaitu PPDB mengujikan mata pelajaran seperti MIPA, Bahasa Inggris, TPA, dan BTA untuk murid, sedangkan orang tua akan melakukan wawancara oleh sekolah agar apat mengenal karakter calon siswa-siswi tersebut SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta.

SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta ini mempunyai fokus dalam keagamaan terutama meningkatkan akhlak siswa. Selain itu, beberapa keunggulan program yang ditawarkan di SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta yaitu Homestay  dilaksanakan, AMBK, dan Edutrip. Program Homestay berfokuskan dalam pengembangan karakter anak-anak, sedangkan program edutrip berfokuskan dalam pengenalan kultur kepada anak. 

Rubi'atun Nurush Sholihati, S.Pd.I sebagai wakil kepala sekolah di bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan menjelaskan "Untuk anak-anak di kelas 9 ada program Edutrip. Pada program ini anak-anak akan belajar tentang negara asing. Sebelumnya anak-anak akan ke desa-desa belajar tentang kearifan lokal. Nah pada kelas 9 anak-anak akan ke luar negeri belajar tentang kearifan global supaya anak-anak tidak kaget diluar sana itu seperti apa." (24/10/2023)

Selain menawarkan program, SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta memfasilitsasi kebutuhan siswa-siswi SMP yang sering berbeda dengan di awal sudah melakukan sosialisasi bersama orang tua murid sengan tujuan untuk menyamakan persepsi bagaimana karkater siswa dirumah dan disekolah sehingga guru bisa memberikan treatmen sesuai yang dibutuhkan murid setelah berkomunikasi dengan siswa.  Sekolah juga mendukung kebutuhan murid dengan memfasilitasi berbagai sarana-prasarana untuk berbagai kegiatan siswa.

Adapun kegiatan belajar siswa-siswi SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta juga didukung dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler yang bisa menambahkan semangat movitasi anak untuk berprestasi. Kegiatan ekstrakulikuler dibagi menjadi ekstrakulikuler wajib dan ekstrakulikuler pilihan. Ekstrakulikuler wajib dilaksanakan di setiap hari Sabtu dari jam 7 pagi sampai 10 pagi, anak-anak memilih salah satu dari beberapa eksrakulikuler wajib seperti memasak, memanah, basket, anggar, robotik, tapak suci, coding, fotografi, broadcasting dan menggambar. Sedangkan ekstrakulikuler pilihan dilaksanakan pada hari Jum'at, beberapa eksrakulikuler wajib seperti badminton, futsal, jurnalistik dan lain-lain.

Untuk menghargai prestasi-prestasi siswa-siswa, sekolah akan juga memberikan penghargaan pada saat apel setiap hari senin. Sekolah akan memberitahukan anak-anak dan orang tua dan membuat flyer. Selain prestasi siswa, sekolah juga akan menghargai hafalan anak-anak. 

Adapun untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta, kepala sekolah melaksanakan program supervisi yang dilaksanakan setiap hari Jum'at. Program ini membahas evaluasi seminggu kemarin dan rencana untuk seminggu kedepan yang akan datang. Program in juga membahas pembagian tugas kepada para staff sehingga semua warga sekolah dapat bekerjasama mengembangkan kualitas pendidikan sekolah yang baik. Nurul Widya Tanaya (Semester 5)


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.