News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dosen UNS kembangkan minuman fermentasi berbahan dasar buah buahan (kombucha)

Dosen UNS kembangkan minuman fermentasi berbahan dasar buah buahan (kombucha)

 Dosen UNS kembangkan minuman fermentasi berbahan dasar buah buahan (kombucha)


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com)

Tim dosen dari Grup Riset bioproduk Program Studi Biologi FMIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil mengaplikasikan teknologi fermentasi untuk pengolahan minuman sehat. Teknologi tersebut  berbasis minuman yang difermentasi dengan bahan dasar buahan buahan. Apabila selama ini, minuman fermentasi identik dengan minuman teh fermentasi (teh kombucha) maka tim dari Prodi Biologi FMIPA UNS memanfaatkan buah buahan sebagai bahan dasar pembuahan minuman fermentasi. Dengan berkolaborasi bersama Setia Budiawan dari PT Alam Lestari Shop  maka dihasilalkan produk minuman fermentasi tersebut.


Menurut Dr Agung Budiharjo, ide untuk membuat minuman kombucha dengan bahan dasar buah buahan merupakan salah satu terobosan untukm meperkuat dan memperluas pangsa pasar. Apabila selama ini, the kombucha padsarnya terbatas pada kelompok usia tertentu, maka minuman yang diberi nama …kombucha purpleherb (bahan dasar kembang telang, daun mint, dan cinanmon), gingerspark (bahan dasar jahe), summerpink (bahan dasar buah naga, buah nanas), dan coffeblast (bahan dasar kopi).. diharapkan dapat menjangkau koinsumen darim kelompok milenial. Hal terrsebut karena variasi bahan dasar ini akan berpengaruh terhadap rasa dan penampilan minuman fermentasi tersebut menjadi lebih “kekinian”. Dengan demikian manfaat minuman fermentasi tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat dari berbagai kelompok usia.

Menurut Dr Agung, walaupun masih memerlukan penelitian yang lebih panjang dan komprehensif, beberapa referensi menginformasikan bahwa minuman fermentasi memiliki efek posistif terhadap kesehatan, misalnya dapat membantu mengatasi sembelit, menjngkatkan imunitas tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.