News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemanfaatan Adsorben alami Lempung Ajaib sebagai Penjernih Air Pamsimas di Kabupaten Karanganyar

Pemanfaatan Adsorben alami Lempung Ajaib sebagai Penjernih Air Pamsimas di Kabupaten Karanganyar

Pemanfaatan Adsorben alami Lempung Ajaib sebagai Penjernih Air Pamsimas di Kabupaten Karanganyar


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa
KARANGANYAR - Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret mengelar Pengabdian kemitraan masyarakat di Desa Kaliwuluh, Kecamatan Kebakramat, Kabupaten Karanganyar. Pengabdian kemitraan masyarakat ini dibawah Ketua Prof Dr. Drs. Pranoto, MSc, dengan anggota Dr.Abu Masykur , S.Si, M.Si; Dr.Sri Hastuti, S.Si, M.Si dan Tri Martini, M.Si.

Menurut Prof Dr. Drs. Pranoto, MSc, pengabdian kemitraan masyarakat ini dilatarbelakangi oleh belum termanfaatkannya secara optimal dan terpadu potensi dan ketersediaan sumber daya alam dalam memenuhi kebutuhan pembangunan lokal dan nasional. Lempung alofan andisol ini dapat menjerap logam berat dan sekaligus membunuh virus maupun bakteri pathogen. "Oleh karena itu pemanfaatan lempung ajaib alofan andisol dibuat media sebagai penjerap pada pencemarpada pemanfaatan air di Pamsimas Kabupaten Karanganyar.," ungkap Prof Pranoto.


Lebih lanjut Ia mengatakan, Kabupaten Karanganyar mencukupi kebutuhan air bersih untuk mssyarakat antara lain menggunakan bantuan Pamsimas, dan masih didapatkan kualitas air bersih di bawah baku mutu yang ditetapkan.

Prof Pranoto mengemukakan,  pelaksanaan Pamsimas termasuk SPAM di Kabupaten Karanganyar telah memberikan manfaat bagi masyarakat dalam peningkatan akses terhadap air minum dan sanitasi. Faktanya, selama periode 2008-201, akses sarana air bersih yang dibangun melalui Pamsimas berkontribusi sebesar 23% terhadap keseluruhan jumlah penduduk di desa sasaran. 'Meski memberikan hasil yang cukup memuaskan, pelaksanaan Pamsimas di Kabupaten Karanganyar bukan berarti terlepas dari kendala atau permasalahan," ungkapnya.


Dari hasil kunjungan lapangan, kata Prof Pranoto, didapatkan Pamsimas Desa Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat,Kabupaten Karanganyar perlu pemberdayaan untuk mengolah air bersihnya sesuai baku mutu kualitas air bersih. Hal ini dapat dilihat secara fisik bahwa air cepat berubah menjadi warna coklat. 

Pengabdian kemitraan masyarakat ini, menurut Prof Pranoto, bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengevaluasi pencemaran, untuk penjernihan air baku terhadap pencemaran pada air bersih Pamsimas di 2(dua) desa tersebut sebagai sumber air bersih. 


Lebih lanjut Ia mengatakan, mempelajari, menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor penyebab parameter logam berat, kandungan BOD dan COD, serta parameter fisik air kualitasnya melebihi baku mutu. Menentukan formulasi kombinasi optimum adsoben untuk proses penjernihan air Pamsimas di 2 ( dua) desa tersebut menjadi air bersih termasuk cara pembuatan mediannya. Mengevaluasi persepsi masyarakat terhadap pencemaran di sekitar penjernihan air Pamsimas 2 (dua) desa menjadi air bersih termasuk pemberdayaan kesehatan serta ekonomi masyarakat.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.