News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peringati HGN, SIT Nur Hidayah Gelar Seminar Pendidikan "Guru sebagai Coach"

Peringati HGN, SIT Nur Hidayah Gelar Seminar Pendidikan "Guru sebagai Coach"

 Peringati HGN, SIT Nur Hidayah Gelar Seminar Pendidikan "Guru sebagai Coach"



ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

Dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 Bidang Pendidikan Yayasan Nur Hidayah Surakarta menyelenggarakan Seminar Pendidikan bertajuk “Teacher as a Coach”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru SIT Nur Hidayah yang berjumlah sekitar 230 orang pada Sabtu (25/11/2023) di Nur Hidayah Convention Center.

Ketua Bidang Pendidikan, Ustadzah Dr. Ari Puspitowati, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya menyatakan bahwa momen HGN menjadi pengingat untuk meningkatkan kesadaran tugas sorang guru dan kesadaran akan pentingnya Pendidikan.


Senada dengan yang disampaikan oleh Ustadzah Ari,  Ustadz Dr. Kasori Mujahid, M.Ag., menyampaikan tiga hal penting untuk guru, yakni guru harus mengenal zamannya, menuntaskan urusannya dan mampu menjaga lisannya dalam mendidik.

Seminar Pendidikan menghadirkan Ustadz Drs. Arju Rahmanto, S.Ag., M.Ag., atau biasa disapa Opa Arju dengan style khasnya yang enerjik. Opa Arju memberikan materi tentang Guru sebagai Coach.


Beliau menjelaskan, proses coaching mengantarkan seseorang dari tempat dia berada saat ini menuju ke tempat lain yang menjadi tujuannya. Begitulah tugas seorang guru yang juga harus menjadi coach untuk muridnya.

Menjadi seorang coach harus memilik tiga kompetensi yakni kehadirannya utuh terhadap coachee, menjadi pendengar yang aktif dan mengajukan pertanyaan yang berbobot atau berfokus pada pertanyaan terbuka.

“Guru wajib menjadi coach bagi murid. Karena dengan proses ini, anak akan merasa lebih dekat. Hal itu penting untuk menyentuh hatinya, mengetahui maunya kemana dan guru bisa mengarahkan,” terang Opa Arju.


Selain Seminar Pendidikan, pada kegiatan ini juga dilakukan Praktik Baik atau penyampaian gagasan baru untuk kemajuan Pendidikan di SIT Nur Hidayah. Sebanyak delapan guru dari LTQ, PAUD, SD, SMP, dan SMAIT Nur Hidayah menyampaikan gagasan-gagasan yang menarik dan di akhir acara terpilih tiga terbaik dari hasil vote peserta seminar. 


Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengumuman dan penyerahan hadiah oleh LAZ Nur Hidayah kepada para pemenang lomba Semarak Hari Guru Nasional 2023. Lomba bertema pendidikan dan sosial ini terdiri dari lomba videografi, fotografi, dan penulisan artikel. LAZ Nur Hidayah juga menyampaikan bantuan kepada dua orang karyawan Yayasan Nur Hidayah Surakarta. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.