News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Belajar Ragam Budaya Melalui Permainan Kuartet Nusantara

Belajar Ragam Budaya Melalui Permainan Kuartet Nusantara

 Belajar Ragam Budaya Melalui Permainan Kuartet Nusantara


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

Belajar sambil bermain tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para murid. Seperti yang dilakukan Wahyu Dewi Miranti, guru kelas V SD Muhammadiyah 21 Baluwarti, Jl. Carangan No.008, RW. 002, Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon, Solo. Ia mengemas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada materi "Keragaman Budaya Indonesiaku" dengan permainan Kuartet Nusantara, Kamis (18/1/2024).

Menurut Mira, sapaan akrabnya, kartu Kuartet Nusantara berisi informasi tentang alat musik, pakaian adat, lagu daerah, makanan tradisional, bahasa daerah, rumah adat, nama suku, senjata tradisional, dan tarian daerah.


"Kartu Kuartet Nusantara dibuat dengan desain menarik dan dilengkapi gambar ilustrasi, yang tentunya akan membantu murid dalam mengenal ragam kebudayaan nusantara. Cara memainkannya juga mudah, karena sama persis dengan cara bermain kartu kuartet pada umumnya," terangnya.

Mira juga mengungkapkan bahwa pembelajaran dengan model permainan ini dilakukan supaya murid tidak cepat bosan ketika mengikuti pelajaran. Melalui model pembelajaran yang beragam, biasanya murid akan lebih bersemangat dan selalu menantikan pembelajaran berikutnya.

Muhammad Ade, salah satu murid kelas V, merasa sangat senang mengikuti pembelajaran dengan permainan seperti ini. 

"Saya merasa lebih mudah menerima dan memahami berbagai macam budaya di Indonesia tanpa harus membaca dan menghafal," ungkapnya.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.