News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Eksplorasi Konservasi Lingkungan: Program Doktor Ilmu Lingkungan UNS Melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan di Bali

Eksplorasi Konservasi Lingkungan: Program Doktor Ilmu Lingkungan UNS Melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan di Bali

 Eksplorasi Konservasi Lingkungan: Program Doktor Ilmu Lingkungan UNS Melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan di Bali



ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

Surakarta, Indonesia - 13 Maret 2024 - Mulai dari tanggal 3 hingga 5 Maret 2024, Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) di Universitas Sebelas Maret (UNS) menjalani perjalanan transformatif ke Bali, membenamkan diri dalam keanekaragaman lingkungan pulau tersebut. Kuliah Kerja Lapangan ini, menjadi salah satu pilar kurikulum akademik mereka, membawa mereka ke lokasi-lokasi menarik seperti Desa Penglipuran dan Taman Nasional Bali Barat.


Desa Penglipuran, yang terkenal di seluruh dunia karena praktik manajemen lingkungan yang baik, menjadi tujuan pertama perjalanan ini. Di sini, para mahasiswa mendalami kompleksitas manajemen ekowisata, menyaksikan langsung bagaimana inisiatif berkelanjutan dapat mengubah sebuah komunitas. Pengalaman mereka di Penglipuran, yang dijuluki "desa terbersih di dunia," memberikan wawasan berharga tentang sinergi antara pelestarian budaya dan tanggung jawab lingkungan.

Berpindah ke medan yang kasar di Taman Nasional Bali Barat, fokus bergeser ke konservasi flora dan fauna endemik, terutama Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) yang terancam punah. Para mahasiswa terlibat dalam pengalaman belajar yang mendalam, bekerja bersama para ahli konservasi untuk memahami tantangan dan keberhasilan dalam menjaga spesies-spesies berharga ini di habitat alaminya.

Prof. Pranoto, Kepala program studi doktor ilmu lingkungan, menyatakan antusiasme tentang dampak kuliah kerja lapangan ini, mengatakan, "Pendekatan langsung seperti ini dalam pembelajaran adalah inti dari ethos program kami untuk menghasilkan doktor yang peduli lingkungan dan siap menghadapi tantangan-tantangan mendesak zaman ini. Bali menawarkan kelas yang dinamis, di mana pengetahuan teoritis bersilangan dengan solusi-solusi dunia nyata."


Kuliah Kerja Lapangan tidak hanya memperkaya pencapaian akademis para mahasiswa, tetapi juga memupuk kolaborasi bermakna dengan komunitas lokal dan organisasi konservasi. Dengan menjembatani teori dan praktik, PDIL UNS terus membina generasi baru pemimpin lingkungan yang berkomitmen untuk memajukan keberlanjutan dan konservasi biodiversitas.

Untuk informasi lebih lanjut tentang program PDIL di UNS atau pertanyaan tentang kuliah kerja lapangan mereka, silakan hubungi:

Prof. Dr. Pranoto, M.Sc.  

Koordinator, Program Doktor Ilmu Lingkungan  Universitas Sebelas Maret  

### Tentang PDIL UNS:


Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) di Universitas Sebelas Maret (UNS) berkomitmen untuk memajukan penelitian dan pendidikan lintas disiplin dalam konservasi lingkungan, keberlanjutan, dan manajemen. Dengan memfasilitasi kolaborasi antara akademisi, pemerintah, dan industri, PDIL UNS bertujuan untuk mengatasi tantangan lingkungan yang kompleks dan berkontribusi pada upaya global menuju masa depan yang lebih tangguh dan berkelanjutan.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.