News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SISWA SISWI KELAS 4 ADAKAN HALAL BI HALAL DAN SUNGKEMAN.

SISWA SISWI KELAS 4 ADAKAN HALAL BI HALAL DAN SUNGKEMAN.

 SISWA SISWI KELAS 4 ADAKAN HALAL BI HALAL DAN SUNGKEMAN.


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo  (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

SOLO--Kamis, (18/04/2024) merupakan hari pertama masuk sekolah bagi siswa siswi SD Islam Terpadu Nur Hidayah setelah libur lebaran. Masih dalam suasana lebaran, para siswa kelas 4 Nur Hidayah Surakarta mengadakan halal bi halal dan sungkeman kepada para ustadz dan ustadzahnya. Kegiatan dimulai pukul 07.30. Sebanyak 116 siswa berkumpul di depan ruang kelas 4. Dipimpin oleh Ustadz Bisri, S.Ag, anak-anak saling memaafkan satu dengan yang lain dilanjutkan dengan sungkeman dengan para ustadz ustadzahnya. Selesai sungkeman, acara dilanjutkan dengan makan kue lebaran bersama.

Kegiatan syawalan ini memberikan pelajaran mengenai pentingnya bersosialisasi dan saling meminta maaf kepada sesama. Menghormati ustadz ustadzahnya dengan sungkem dan saling bersalaman dengan teman-temannya. Meminta maaf dan memberikan maaf merupakan satu perbuatan baik yang harus ditiru dan dibiasakan baik di rumah ataupun di sekolah. Harapannya dengan saling memaafkan dan minta maaf akan terjalin rasa kasih sayang antara anggota keluarga dan antar siswa. Persahabatan dan pergaulan sesama teman menjadi aman dan tentram. Suasana pembelajaranpun akan lebih baik dan kondusif.

Dalam acara pembukaannya Ustadz Bisri menyampaikan, ”Halal bi halal diartikan saling menghalalkan, ihklas untuk saling memaafkan semua kesalahan dan kekhilafan selama satu tahun. Semoga Allah memberikan ampunan dengan perantara anak-anak. Selama bergaul tentu banyak salah dan khilaf, dengan saling memaafkan maka gugurlah dosa itu.”

Acara diakhir dengan jabat tangan antara  siswa dan guru serta siswa dengan siswa. Ketika berjabat tangan diiringi dengan membaca sholawat


Halal bi halal merupakan kegiatan rutin setiap masuk sekolah hari pertama setelah libur hari raya. Anak-anak belajar akan pentingnya meminta maaf. Hal yang sepele, namun memerlukan keluasan hati dan keihlasan. Anak-anak juga belajar meredam emosi. Melepaskan semua beban dari rasa benci dan dendam. Momen lebaran menjadi ajang menyehatkan jiwa dari segala penyakit hati.(MYD)



Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.