News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kolaboratif!! RG UNS Gandeng UMPO selenggarakan Workshop Etika Penulisan Ilmiah di Era Artificial Intelligences

Kolaboratif!! RG UNS Gandeng UMPO selenggarakan Workshop Etika Penulisan Ilmiah di Era Artificial Intelligences

Kolaboratif!! RG UNS Gandeng UMPO selenggarakan Workshop Etika Penulisan Ilmiah  di Era Artificial Intelligences

ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.alexainfoterkini.com)

SOLO - Fenomena berkembangnya Artificial Intelligence telah merubah banyak aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia akademik. Teknologi yang dikenal dengan sebutan kecerdasan buatan ini mampu mempermudah berbagak aktivitas akademik seperti alih bahasa, mengulas berbagai hasil penelitian yang ada hingga layanan percakapan berbasis bot dalam memproduksi berbagai pesan yang dikenal sebagai ChatGPT. 

ChatGPT berpotensi dalam mengabaikan berbagai etika ilmiah dan kaidah dalam penulisan sebuah karya tulis. Oleh karenanya, Research Group Media, Khalayak dan Sistem Sosial Budaya FISIP UNS berkolaborasi dengan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo berkolaborasi menggelar pengabdian kepada masyarakat bertajuk "Membangun Kesadaran Ilmiah: Artificial Intelligence dalam Etika Penulisan Karya di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo" yang diselenggarakan pada Selasa (11/06) bertempat di Aula Universitas Muhammadiyah Ponorogo.


 Kegiatan yang dihadiri sekitar 80 peserta yang terdiri dari mahasiswa semester 6 ini sekaligus menjadi bekal persiapan mahasiswa dalam memasuki fase penulisan tugas akhir berupa skripsi. Ketua RG UNS, Prahastiwi Utari dalam sambutannya menyampaikan "Penggunaan AI dikalangan mahasiswa saat ini tidak terhindarkan, yang harus diperhatikan adalah etika penulisan yang tetap harus diperhatikan". Etika akademik penting dalam menjada kredibilitas hasil sebuah penelitian, imbuhnya. 

Mengadirkan dua narasumber, para peserta workshop diajak untuk kembali memahami kaidah dan adab akademik dalam penulisan sebuah karya tulis. Narasumber pertama, Likha Sari Anggreni mengajak seluruh peserta untuk memahami kembali kaidah dan etika ilmiah yang tidak tertulis dalam penulisan…

berbagai produk AI yang mampu membantu mempermudah penulisan karya ilmiah. Dalam paparannya, Oki menjelaskan pada peserta cara membaca dan menginterpretasikan berbagai data penunjang dalam penulisan karya ilmiah. 

Bertindak sebagai moderator, Haris Annisari Indah membuka kesempatan untuk para peserta bertanya dan berdiskusi secara lanjut dengan para narasumber. Dalam kesempatan tersebut, tampak antusiasme para peserta dalam memberikan pertanyaan dalam mendalami materi dari narasumber. Menyikapi hal tersebut, RG UNS juga menyediakan hadiah berupa sejumlah saldo e-wallet  bagi peserta yang antusias bertanya dan memberikan tanggapan kepada pada narasumber.


Setelah seluruh sesi inti acara terlewati, kegiatan workshop ditutup secara seremonial oleh pihak UMPO. Mewakili UMPO, Eli Purwati yang merupakan Wakil Dekan FISIP UMPO menyampaikan harapan bahwa kerjasama yang baik dengan pihak UNS semoga bisa dilanjutkan dalam berbagai kolaborasi lainnya dengan harapan mampu memberikan pengalaman dan motivasi bagi mahasiswa dalam mencapai prestasi terbaik. (Pram)

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.