News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UMS Akan Gelar Kultural Kompetisi Bagi Mahasiswa Asing dalam ICAC 3rd 2024

UMS Akan Gelar Kultural Kompetisi Bagi Mahasiswa Asing dalam ICAC 3rd 2024

 UMS Akan Gelar Kultural Kompetisi Bagi Mahasiswa Asing dalam ICAC 3rd 2024


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (www.Alexainfoterkini - foto : Istimewa)

SOLO - Gelaran Internasional Cultural Academy Competition (ICAC) 2024 bagi mahasiswa asing se-Indonesia akan berlangsung pada Senin, (10/6) di Gedung Mohammad Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Sebanyak 30 negara dari berbagai universitas di Indonesia akan berpartisipasi sebagai perwakilan dari negara masing-masing. 

Kepala Biro Kerja sama dan Urusan Internasional (BKUI) Andy Dwi Bayu Bawono, S.E., M.Si., Ph.D., menyampaikan bahwa terjadi peningkatan jumlah peserta yang signifikan dari ICAC sebelumnya. Pada tahun ini total ada sekitar 40 negara yang mendaftar namun hanya 30 negara yang terpilih. 

"Di sana akan ada kompetisi life fashion show, kompetisi makanan-makanan internasional, ya kemudian ada beberapa ya game untuk mereka. Ada semacam boot boot yang mengenalkan kebudayaan masing-masing negara," terang Andy saat ditemui pada Sabtu (8/6).

Melalui acara ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa-mahasiswa asing serta mahasiswa lokal untuk dapat berdialog dan saling mengenalkan budayanya.

Salah satu mahasiswi internasional asal Madagaskar, Sariaka membagikan pengalamannya sebagai peserta ICAC 2023. 

Dia menjelaskan bagaimana timnya cukup kualahan mempersiapkan semua kompetisi namun tetap menyenangkan untuk dapat berpartisipasi pada acara tersebut. 

"Saya mendapat pengalaman berkesan selama mengikuti ICAC mulai dari latihan koreografi, masak-masak, membuat kerajinan tangan, mendekorasi dan sebagainya," ungkap Sariaka.

Meskipun banyak perdebatan dan keterbatasan waktu, namun mahasiswi asal Madagaskar itu merasa puas dan bangga karena berhasil memenangkan kategori Best Performance serta posisi dua pada Best Booth. (Fitri/humas)

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.