News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H/2022 M SDIT Nur Hidayah Kerten


Penulis : Eko Prasetyo

SOLO - SDIT Nur Hidayah Kerten, Kec. Laweyan siap menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah. Pada hari Senin, 28 Maret 2022 panitia sekolah menyelenggarakan rapat Tarhib guna mempersiapkan kegiatan selama bulan Ramadhan. Kegiatan persiapan menyambut bulan suci Ramadhan di SDIT Nur Hidayah sudah mulai dipersiapkan pasca Penilaian Tengah Semester (PTS).

"Kita sudah mulai mempersiapkan beberapa hal terutama bagaimana memberikan pembekalan kepada anak-anak dalam kegiatan jeda tengah semester", ungkap Waskito selaku Kepala Sekolah SDIT Nur Hidayah saat ditemui (29/3).

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan diantaranya Mukhoyam Qur'an dengan target anak-anak bisa menghafal dan tilawah Quran yang dilaksanakan pada hari Sabtu setelah PTS.  Kemudian kaitanya dengan persiapan yang lain yaitu ruqyah maknawiyah. 

Waskito juga menyampaikan bahwa ada kegiatan sebagai bentuk kegembiraan menyambut bulan suci Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi "barangsiapa yang bergembira menyambut bulan Ramadhan maka akan dihindarkan jasadnya dari api neraka". 

"Maka anak-anak kita dorong untuk gembira menyambut ramadhan dalam bentuk pawai kecil-kecilan", lanjut Waskito. 

Pawai akan dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Maret 2022 dan Kamis, 31 Maret 2022 dengan menyesuaikan jumlah siswa yang masuk pada hari itu. Sebab, sebagian siswa masuknya masih 50% dan 100% hanya kelas 6. Pada hari Rabu akan ada kegiatan pawai keliling sekitar SDIT Nur Hidayah dengan membagikan jadwal imsakiyah untuk mengingatkan kepada masyarakat sekitar bahwa Ramadhan sudah dekat. 

"Waktu pawai keliling dimulai pukul 07.30 WIB sampai maksimal pukul 09.00 WIB. Setelah itu anak KBM seperti biasa", terang Waskito.

Berbeda dengan kondisi sebelum pandemi, kegiatan pawai keliling biasanya diisi dengan berbagi lukisan, bunga, dll tetapi untuk tahun ini kegiatan di SDIT Nur Hidayah sangat sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selama bulan ramadhan SDIT Nur Hidayah akan melaksanakan dua kali pesantren Ramadhan. Tahap pertama kegiatan setiap jenjang berbeda, misalnya kelas bawah meliputi kelas 1, 2 dan 3 akan diisi dengan dongeng tentang Ramadhan yang bekerjasama dengan Pocari Sweat. 

Sedangkan pesantren Ramadhan tahap kedua dilaksanakan ketika kelas 6 US yang berlokasi di rumah salah satu orang tua siswa.

Target selama bulan Ramadhan untuk kelas 4, 5 dan 6 yaitu menyelesaikan tilawah. "Sedangkan kelas 4 paling tidak bisa 10 juz, kelas 5 minimal 20 juz, dan kelas 6 bisa khatam satu kali", kata Waskito.

Selain itu akan diadakan iktikaf bagi siswa kelas 5 dan 6 yang dibagi tiap kelasnya menjadi tiga kelompok yang dikenal sebagai BPI (Bina Pribadi Islami), serta bermalam di masjid yang didampingi oleh guru jika kondisi memungkinkan.

Kegiatan lain yang berhubungan dengan masyarakat terdapat ziswaf (zakat, infaq, sedekah, wakaf) dari orang tua murid yang kemudian disalurkan kepada masyarakat. 

Tradisi SDIT Nur Hidayah yaitu ketika masuk malam 21 kegiatan sekolah libur agar fokus iktikaf. 

SDIT Nur Hidayah juga memiliki program yang bersifat syiar agama dalam bentuk podcast ramadhan yang diunggah melalui YouTube sekolah.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.