News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PBSI Luluskan 63: Langsung Prosiding dan Publikasi Internasional Bereputasi Jalur OBE

PBSI Luluskan 63: Langsung Prosiding dan Publikasi Internasional Bereputasi Jalur OBE

Surakarta - Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surakarta (PBSI UMS) meluluskan 63 mahasiswa dengan sistem Outcome Based Education (OBE) pada Jumat (18/3) bertempat di Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Kaprodi PBSI UMS Dr. Miftakhul Huda, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa kali ini PBSI meluluskan 63 mahasiswa jalur prosiding dan publikasi dengan menggunakan  OBE yang diselenggarakan UMS untuk memanfaatkan ilmu dan lulus tepat waktu 4 tahun.

"PBSI UMS, kali ini meluluskan 63 mahasiswa dengan menggunkan Sistem OBE," terang Miftakhul Huda.

Sistem Outcome Based Education (OBE) merupakan Perubahan paradigma dari input/process-based education menuju outcome-based education (OBE) mendorong setiap program studi untuk mampu merumuskan kompetensi lulusannya dalam bentuk Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang komprehensif yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai profil lulusan yang ditargetkan dan level kompetensi sesuai jenjang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).


Wakil Rektor I Bidang Akademik, Riset, Pengabdian, Publikasi dan HAKI Prof. Dr. Drs. Harun Joko Prayitno, S.E., M.Hum. menyampaikan bahwa "Sistem OBE merupakan pilihan yang tepat untuk menumbuhkan telenta mahasiswa dan mendapat banyak keuntungan seperti publikasi dengan reputasi internasional, cepat dan tepat waktu dalam mengerjakan tugas akhir, mendapatkan subsidi dari universitas hingga 4 juta perjudul, serta berkesempatan untuk mendapatkan pengembangan telent dari kementrian, dan bekal penting dalam menjalani kemampuan kehidupan bermasyarakat."

Sistem pendidikan yang dilaksanakan di UMS, lanjut Harun, dirancang dengan mengacu atau berbasis capaian pembelajaran atau Outcome Based Education (OBE). Sistem Penjaminan Mutu berbasis capaian (outcome) adalah sistem yang memastikan penetapan standar/ capaian pembelajaran pada awalnya dan diakhiri dengan memastikan pencapaian dan peningkatan standar/capaian pembelajaran tersebut secara sistimatik dan berkelanjutan.

Sariatus Solikhah Mahasiswa PBSI menyampaikan kesan yang diperoleh dalam sistem OBE UMS sangatlah menarik dan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.