News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

 UNS Resmi Tambah Dua Fakultas Baru


SOLO- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi menambah dua fakultas baru. Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., menjelaskan kedua fakultas baru tersebut adalah Fakultas Psikologi serta Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data. 

Keputusan resmi pembukaan Fakultas Psikologi UNS tertuang dalam SK Rektor No. 319/UN27/HK/2022. Sedangkan keputusan resmi pembukaan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS tertuang dalam SK Rektor No. 320/UN27/HK/2022. Kedua Surat Keputusan (SK) Rektor UNS tersebut diterbitkan tertanggal 11 Maret 2022.

Kehadiran fakultas-fakultas baru di lingkungan UNS turut disertai dengan banyak harapan. Rektor UNS kepada Fakultas Psikologi yang sebelumnya telah 17 tahun berdiri sebagai Program Studi (Prodi) berharap adanya perkembangan yang lebih cepat dan lebih baik lagi kedepannya.

“Fakultas Psikologi juga sudah lama sebagai Prodi. Kita harapkan dengan meningkatnya Prodi menjadi fakultas, perkembangan Fakultas Psikologi kedepan jauh lebih cepat dan lebih baik,” harap Prof. Jamal, Jumat (25/3/2022).

Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS juga dinilai oleh Prof. Jamal sebagai fakultas yang futuristik. Fakultas tersebut sangat sesuai dengan era disrupsi dan revolusi industri 4.0 seperti sekarang.

Pembukaan fakultas baru kali ini melalui proses yang berbeda mengingat status UNS yang kini telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Prof. Jamal menyampaikan bahwa otonomi pendidikan yang dimiliki UNS sekarang mendorong adanya regulasi baru untuk membuka fakultas, Prodi, dan lainnya. 

“Prosesnya diajukan oleh rektor kepada Senat Akademik dan ditelaah oleh Senat Akademik. Setelah itu direkomendasikan oleh Senat Akademik untuk bisa dibuka kedua fakultas itu,” tutur Prof. Jamal.

Prof. Jamal juga menjelaskan suatu model berbeda terkait penambahan fakultas baru kali ini. Selaku Rektor UNS, beliau menuturkan bahwa tidak berencana akan ada dekan baru untuk fakultas-fakultas tersebut. Hal ini didasarkan atas status PTNBH yang disandang UNS sehingga lebih ramping secara struktural tetapi memiliki fungsi yang kaya.

“Kita sekarangpunya tiga belas fakultas dan dua sekolah tidak harus misalnya saja dekannya lima belas, tetap tiga belas. Bisa saja kedepan lebih simpel lagi. Lima belas fakultas itu bisa saja dekannya kurang dari sepuluh, misalnya saja,” terang Prof. Jamal.

Berkaitan dengan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, kedua fakultas ini memberikan penambahan kuota mahasiswa untuk keseluruhan jalur. Bersumber dari unggahan akun Instagram @spmbuns, kuota mahasiswa Fakultas Psikologi UNS meningkat dari 150 menjadi 250 orang. Sedangkan kuota mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS meningkat dari 80 menjadi 100 orang.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.