News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KOLABORASI SDIT BINA AMAL SEMARANG DAN TIM PENGABDIAN TEKNIK MESIN FT UNDIP DALAM KEGIATAN PUNCAK TEMA ENERGY DAN KEGUNAANNYA

KOLABORASI SDIT BINA AMAL SEMARANG DAN TIM PENGABDIAN TEKNIK MESIN FT UNDIP DALAM KEGIATAN PUNCAK TEMA ENERGY DAN KEGUNAANNYA


Caption foto : Istimewa

Penulis : Eko Prasetyo, Alexa.IT.com

SOLO - Sebanyak 112 siswa kelas III SDIT Bina Amal melaksanakan kegiatan puncak tema “energi dan kegunaannya” dengan projek membuat Roket Air. Tujuan pelaksaan puncak tema kali ini adalah mengajak siswa untuk mengenali berbagai energi, manfaatnya dalam rangka aspek keberlangsungan kehidupan manusia di dunia. 

Puncak tema diisi dengan kegiatan memanfaatkan limbah botol air mineral untuk diubah menjadi roket air. Kegiatan ini diharapkan akan menciptakan menciptakan sikap kreatifitas serta membentuk karakter kemandirian, kebersamaan, dan percaya diri. 

Puncak tema kali ini dilaksanakan pada akhir tema 6 “energi dan kegunaannya” yang bertempat di lapangan SDIT Bina Amal Semarang. 

Kegiatan puncak tema ini merupakan hasil kolaborasi antara Guru SDIT Bina Amal dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Undip. Kegiatan membuat roket air dan proses meluncurkan roket dipandu oleh Bapak Norman Iskandar ST. MT dengan melibatkan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Mesin Undip. Tim Pengabdian Departemen Teknik Mesin FT Undip yang beranggotakan Prof. Dr.rer.nat. Ir. A. P. Bayuseno, M.Sc, Sri Nugroho, ST., MT., PhD, Dr. Ir. Sulardjaka, ST., MT., IPU, Dr. Eng.Gunawan D.H. ST., MT juga melaksanakan kegiatan serah terima alat dan mesin hot press kepada LPIT Bina Amal serta memberikan pelatihan penggunaannya kepada Guru SDIT Bina Amal. 

Teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh Lembaga dan Guru untuk membuat sarana edukasi seperti pembuatan alat memanah untuk kegiatan ekstrakurikuler, atau bisa juga dimanfaatkan oleh siswa SMP dan SMA di LPIT Bina Amal untuk mendukung kegiatan kreatif, lomba dan penelitian remaja. 

Kegiatan Puncak Tema diawali dengan berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa kelas III, kemudian dilanjut dengan senam bersama yang dipimpin oleh Bapak Candra Taher, S.Pd. 

Setelah melakukan senam bersama siswa diajak ke aula SDIT Bina Amal untuk melihat video tentang roket air. Pembuatan roket air dilakukan secara berkelompok, semua peserta diajukan membuat roket air dari bahan bahan yang sudah disiapkan. Roket air yang sudah dibuat kemudian dihias dengan kertas origami dan hiasan lainya. Selesai menghias roket, semua siswa diajak untuk mencoba meluncurkan roket air dengan didampingi Bapak Norman dan tim pengabdian serta guru wali. Puncak tema ditutup dengan kegiatan pemberian apresiasi kepada semua kelompok yang sudah mengikuti kegiatan puncak tema.  

Di akhir kegiatan salah satu siswa bernama Nauval Dzakka Mahardika dari kelas III Abu ubaidah memberikan pesan kesan tentang puncak tema. Nauval menyampaikan bahwa kegiatan puncak tema ini mengasyikan, menyenangkan, dan bermakna. “Dengan adanya puncak tema membuat roket air alhamdullilah membuat siswa semakin semangat dalam belajar, menumbuhkan kreativitas dan kebersamaan” kata Safrina Yulistiani salah satu guru kelas III di SDIT Bina Amal Semarang. Puncak tema selesai pukul 10.30 WIB dengan ditutup membaca doa yang dipimpin salah satu kelompok.



Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.