News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Ikuti Tes Keberbakatan Olahraga

Siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Ikuti Tes Keberbakatan Olahraga

 Siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Ikuti Tes Keberbakatan Olahraga

        

        Penulis :Eko Prasetyo (Alexa IT.com

SURAKARTA-SMP Muhammadiyah 1 Surakarta mendapatkan kesempatan mengirimkan 100 siswa perwakilan kelas 9 mengikuti tes keberbakatan olahraga. Pengabdian masyarakat ini diadakan dalam rangka Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) ke 46 dengan tema "Internasionalisasi Pengembangan inovasi UNS berbasis teknologi digital menuju kebangkitan ekonomi kreatif.”

     Tes ini diikuti oleh beberapa SMP di Kota Surakarta. Hal ini disebabkan usia 11-15 tahun merupakan usia yang tepat, mengingat keadaan fisiologis dan biologis anak yang sedang berkembang dan belum banyak pengaruh negatif yang masuk.Lokasi tes bertempat di GOR Fakultas Keolahragaan(FKOR) UNS pada Jumat, 24 Maret 2022. 

    Pada acara Pembukaan dekan FKOR, yakni  Dr.Sapta Kunta, M.Pd.  menyambut kehadiran para pelajar dengan menyampaikan salah satu pemandu bakat anak adalah sekolah, dan problematika yang menghambat upaya optimalisasi atlit adalah menemukam atlit muda berbakat.Maka tes keberbakatan olahraga ini untuk menguji bakat di bidang olahraga. Setelah acara sambutan, siswa diarahkan untuk mengisi biodata. Kemudian siswa mulai diarahkan pada pos-pos yang telah diatur. Persiapan pretest, siswa melakukan pemanasan dan peregangan pada tubuh bagian atas dan bawah. Pada kunjungan pos pertama, yaitu lempar tangkap bola  Tenis. 

    Pada  pos kedua yaitu pengukuran tinggi badan, dan  berat badan. Setelah itu Pos 3 loncat tegak, dilanjutkan pos 4 lempar bola basket. Pada pos 5 lari 40 meter, dan  pos 6 lari kelincahan. Kemudian pos 7  atau pos terakhir adalah lari multitahap. Pendamping siswa pada tes ini adalah salah satu guru Olahraga SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, yakni Masudin, S.Pd. Beliau mengatakan, "Hasil dari tes ini bermanfaat untuk mengetahui bakat olahraga yang cocok sehingga akan terbentuk atlet yang mampu berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional." 

Selesai pelaksanaan tes ini Siswa diperbolehkan pulang. Hasil dari tes ini baru akan dapat diketahui kurang lebih dalam jangka waktu satu bulan.

                                            caption foto : istimewa


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.