News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Daun Meniran Bagi Kesehatan

Daun Meniran Bagi Kesehatan

 


Panulis : Eko Prasetyo (Alexa, IT.Com)

Daun Meniran  Bagi Kesehatan

Daun meniran ternyata sangatlah, menurut Pakar Tanaman Obat Prodi Biologi FKIP UNS, Dr. Ir. Yudi Rinantp, MP berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. “Meski bukan tanaman budidaya, dan keberadaannya pun sering diabaikan, ternyata meniran sudah banyak digunakan sejak dahulu sebagai bahan pengobatan alternative,” ujarnya kepada wartawan Alexa IT.Com



                                Foto : Istimewa

Pakar Biologi mengatakan, Meniran atau yang memiliki nama latin Phyllanthus urinaria merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat tegak dan lurus. Tinggi tanamannya sendiri bisa mencapai satu meter atau lebih. Sekilas, bentuk tanaman ini mungkin hampir mirip dengan tumbuhan putri malu.

“Hanya saja, meniran memiliki bentuk daun yang kecil dan berbentuk lonjong dan berjarak. Bunga tumbuhan ini terdapat pada setiap ketiak daun serta menghadap ke bagian bawah. Kita akan sering menjumpai tanaman ini di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut,” jelas Dr. Yudi di Kampus UNS, Solo.

Dr.Yudi mengatakan, meski sering dianggap sebagai tumbuhan rumput biasa, meniran mengandung senyawa kimia yang bisa mengatasi berbagai penyakit. Seperti kalium, zat filantin, damar, dan zat penyamak. 

Dr. Yudi melansir dari laman healthline, menurut sebuah studi di vitro tahun 2014 mengatakan ekstrak yang terbuat dari daun phyllanthus niruri menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat. “Antioksidan sendiri membantu untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit. Selain itu, antioksidan juga bisa membantu memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit,”

Dr.Yudi menerangkan, daun meniran dikatakan bisa membantu mengikis ukuran batu yang terbentuk di saluran kandung kemih dan ginjal. Manfaat daun ini bisa mengendurkan ureter  setelah lithotripsy untuk membantu batu keluar.
Selamjutnya Lithotripsy sendiri merupakan prosedur yang digunakan oleh medis untuk memecah batu di saluran kandung kemih. Ekstrak daun meniran juga dipercaya mampu mencegah pembentukan batu dan bisa menghentikan kristal yang terbentuk.

Lebih lanjut Dr. Yudi menerangkan,Setelah dilakukan penelitian, daun meniran dikatakan mampu mencegah berbagai infeksi yang disebabkan oleh virus. Sebuah studi pada tahun 2013 meneliti efek dari empat spesies Phyllanthus pada virus herpes simplex dalam kultur sel. Dan hasilnya menunjukkan daun meniran bisa memerangi infeksi ini.

Daun meniran, kata Ahli Tanaman Obat juga dikatakan dapat mengatasi infeksi lain seperti hepaitis B dan HIV. Hal ini dikarenakan daun meniran mampu menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik dan mencegah datangnya infeksi.

 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.