News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pesantren Kilat Romadhon SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Sarana Kuatkan Iman dan Karakter

Pesantren Kilat Romadhon SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Sarana Kuatkan Iman dan Karakter

 Pesantren Kilat Romadhon SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Sarana Kuatkan Iman dan Karakter


Caption foto : Istimewa

Penulis         : eko Prasetyo (Alexa IT.Com)

SURAKARTA- Kelas 9 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta mengawali Pertemuan Tatap Muka di Bulan Romadhon ini dengan Pesantren Kilat Romadhon, Rabu, (06/4/ 2022). Kegiatan Pesantren Kilat Romadhon ini dilaksanakan secara bertahap, Rabu 06 April 2022 untuk Kelas 9, Kamis 07 April 2022 untuk kelas 8, dan Jum’at 08 April 2022 untuk kelas 7. Berlokasi di Mushola Thoyibah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.

Kegiatan dimulai dengan Jama’ah Sholat Dhuha bersama. Kemudian dilanjutkan dengan tadarus bersama dari awal jus 30, yaitu Q.S An Naba hingga An-Nas. Pada sesi tadarus ini juga di sampaikan materi tahsin, agar siswa dapat mengkoreksi langsung bacaan mereka dan mulai memperbaiki bacaan perhuruf hijaiyah yang tertulis dalam Al Qur’an. 


Sesi selanjutnya adalah kajian Romadhon yang disampaikan olaeh Ustad Muhammad Wildan Asyari, S.Pd, M.Ag.  pengajar mata pelajaran aqidah dan Akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Beliau menyampaikan ceramahnya yang berjudul Keutamaan Romadhon. Siswa diajak untuk memanfaatkan Romadhon ini dengan sebaik mungkin karena bulan ini adalah bulan  penuh berkah. Pada poin kedua Pintu Surga di Buka, hal ini bermakna Alloh SWT memberi beragam kesempatan beramal bagi para hamba-Nya maka hendaknya hati kita akan selalu teketuk melakukan amal sholeh selama Romadhon. Kemudian saat Romadhon pintu neraka ditutup dan setan di belenggu mengisyaratkan hati manusia tergerak untuk menjauhi amal keburukan hingga pintu neraka tertutup dan setan dibelenggu. Tetapi bukan berarti tidak ada kemaksiatan , sebab Ibnu Taimiyah menjelaskan akar amalan buruk manusia berasal dari nafsu manusia itu sendiri, bagi yang tidak mampu mengendalikannnya. Pada poin terakhir siswa diajak untuk  memanfaatkan wakru mereka dengan banyak membaca Al Qur’an, karena bulan Romadhon adalah bulan diturunkannya Al Qur’an, dan pahala yang diraih akan berlipat ganda. 

Setelah Kajian Romadhon Siswa didampingi menonton film Muhammad Al Fatih, yakni penakluk Konstantinopel. Siswa diajak mengenal karakter Al fatih yang di usia 25 tahun sudah menaklukkan konstantinopel. Tentunya pribadi Al fatih yang penghafal Al Qur’an dan  berwasiat sebelum meninggal untuk dekat dengan para ulama, berbuat adil, tdak tertipu dengan harta, dan menjaga agama untuk pribadi, dan masyarakat akan sangat mengispirasi Siswa untuk mencontoh Muhammad Al Fatih. Kegiatan Pesantren Kilat Romadhon ini ditutup dengan Jama’ah dhuhur bersama.


Ustad Isa Al Fajri, Lc, M. Ag selaku Ketua Panitia menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperdalam pemahaman  ajaran agama Islam, memperbaiki Akhlak dan Ibadah Siswa mulai dari Bulan Romadhon , serta meningkatkan keimnan dan ketaqwaan  siswa selama bulan suci Romadhon, ungkapnya.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.