News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tim LPMPP UMS Ajarkan Digital Marketing Pada Pesantren

Tim LPMPP UMS Ajarkan Digital Marketing Pada Pesantren


caption : istimewa

Penulis : ditulis kembali oleh eko prasetyo

SUKOHARJO-Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan (LPMPP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan pelatihan Digital Marketing pada pengurus Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Ath-Thohiriyah Muhammadiyah. Diharapkan dalam jangka panjang akan membentuk citra baik terhadap pesantren sehingga menarik sejumlah calon santri.

“Program ini bertujuan memperkenalkan digital marketing pada pengurus pondok pesantren, agar mereka memiliki ketrampilan mempromosikan diri ke publik,’’ papar Muhammad Halim Maimun, SE, MM salah satu anggota Tim LPMPP, Jumat (22/4). 

Kegiatan pelatihan digital marketing itu, lanjut Halim, kepada pengurus pesantren  pada 19 April 2022. Dengan program ini, akan membentuk citra positif bagi Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Ath-Thohiriyah Muhammadiyah. 

Menurut dosen Ekonomi UMS itu, model pembelajaran Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Ath-Thohiriyah Muhammadiyah menggunakan sistem dauroh selama 2 bulan, hal ini mengakibatnya pihak pengelola pondok harus melakukan penerimaan santri baru tiap 2 bulan sekali. ‘’Karena itu, pesantren dituntut untuk melakukan strategi dalam hal pemasaran pesantren guna mempertahankan dan meningkatkan kuantitas santri. Supaya target tercapai maka pengurus pondok harus melakukan inovasi dalam promosi pesantren melalui digital marketing.’’ 


Pada bagian lain, Pembina Pesantren KH Najmuddin Zuhdi mengharapkan ilmu yang didapat para pengurus bisa meningkatkan kualitas sumbar daya manusia (SDM) pesantrennya. “Kami berharap kerjasama dengan UMS menghasilkan model promosi yang efektif bagi pesantren dengan meningkatnya jumlah santri dan bertambah pula jumlah penghafal Al-Quran,” papar  KH Najmuddin Zuhdi.

Menurut anggota tim lainnya, Kussudyarsana S.E., M.Si., Ph.D kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Ath-Thohiriyah Muhammadiyah meliputi teori dan praktek pemasaran digital, pembuatan media sosial dan website serta pembuatan konten media pemasarn digital berupa : fotografi, video serta copywriting. ‘’Materi pelatihan yang kami berikan telah disesuikan dengan kebutuhan pondok,’’ katanya. 

Anggota Tim Pengabdian Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan (LPMPP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang terdiri dari  Kussudyarsana S.E., M.Si., Ph.D, Muhammad Halim Maimun, SE, MM, Ihsan Cahyo Utomo, S.Kom.,M.Kom, Ahmada Auliya Rahman, S.I.Kom., M.Pd, Huda Kurnia Maulana, S.E., MBA., serta 4 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan 3 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.