News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UNS Teken Kerja Sama dengan RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

UNS Teken Kerja Sama dengan RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta


caption foto : istimewa
Penulisa : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (alexa IT.com)

SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali melebarkan kerja sama dengan berbagai pihak. Kali ini UNS menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Ortopedi (RSO) Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara UNS dan RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta pada Jumat (22/4/2022).

Penandatanganan ini diadakan secara luring di Ruang Sidang II Gedung dr. Prakosa UNS. Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho dan Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Dr. rer.nat. Sajidan hadir langsung dalam penandatanganan ini. Sementara itu, hadir pula Plt. Direktur Utama RSO Surakarta, Dr. dr. Pamudji Utomo, Sp.OT(K). dan Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan, dan Umum, dr. R. Safil Rudiarto H, Sp.Rad.,M.M.


Rektor UNS, Prof. Jamal mengaku sangat senang dengan adanya kerja sama ini. Menurut Prof. Jamal, kerja sama antara UNS dan RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta sebenarnya sudah terjalin sejak lama. Bahkan, sebelum adanya penandatanganan kerja sama ini hubungan keduanya sudah dinilai mesra.

“Kita belum ada penandatanganan kerja sama saja kerja sama kita sudah bagus. Jadi, kita berharap jika sudah ada perjanjian kerja sama ini intensitasnya makin bagus dan makin mesra. Bagaimana hubungan Universitas Sebelas Maret dengan RSO Prof. Dr. R. Soeharso makin lebih baik utamanya untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Prof. Jamal.

Kerja sama ini dijalin dengan maksud mengaplikasikan dan meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Selain itu, nota kesepahaman ini juga ditujukan untuk menyinergikan dan mengoptimalkan sumber daya tiap pihak dalam rangka pengembangan kelembagaan dan pengembangan sumber daya manusia.

Plt. Direktur Utama RSO Surakarta, Dr. dr. Pamudji Utomo, Sp.OT(K). tampak sangat antusias dan menyambut baik kerja sama ini. Beliau meyakini bahwa universitas dan rumah sakit dapat bersinergi untuk melayani masyarakat utamanya di bidang kesehatan.


“RSO merupakan satu bagian dari UNS khususnya bagian dari FK UNS dan kerja sama itu sudah berlangsung lama sekali sebelum saya bertugas ke Solo. Kemudian sekarang berkembang pada pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kita seperti satu keping mata uang dengan dua sisi yang mana kita dapat bersinergi pada Tridharma Perguruan Tinggi dan melayani masyarakat,” ujar Dr. dr. Pamudji.

Beliau menyampaikan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan transformasi tenaga kesehatan dan teknologi. Untuk itu, RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta membutuhkan peran universitas sebagai mitra dalam menjalankan transformasi tersebut.

Transformasi tenaga kesehatan yakni dengan saling dukung sumber daya manusia di UNS dan RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Pihak RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta sangat senang karena dilibatkan pada pendidikan dokter spesialis di bidang ortopedi dan traumatologi. Selain itu, transformasi teknologi dilaksanakan dengan adanya kerja sama dengan Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS dalam membuat produk-produk inovasi penunjang kesehatan ortopedi.


Kerja sama yang akan terjalin selama lima tahun ini diharapkan dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki para pihak sehingga dapat menunjang keberhasilan masing-masing. 

“Perguruan tinggi dan rumah sakit bisa maju bersama-sama. Kita bisa berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” pungkas Dr. dr. Pamudji. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.