News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UNS Lantik dan Ambil Sumpah Sembilan Dokter Baru, Dua Dokter Berasal dari Vietnam

UNS Lantik dan Ambil Sumpah Sembilan Dokter Baru, Dua Dokter Berasal dari Vietnam

 UNS Lantik dan Ambil Sumpah Sembilan Dokter Baru, Dua Dokter Berasal dari Vietnam


Penulis : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (alexa IT com)

caption foto : istimewa

SOLO – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali melantik dan mengambil sumpah dokter baru. Kali ini pelantikan dilaksanakan secara luring di Auditorium FK UNS dan daring melalui Zoom Cloud Meetings pada Selasa (19/4/2022). Sebanyak sembilan dokter baru dilantik dan diambil sumpah. Dua dokter yang dilantik pada periode 219 ini berasal dari Vietnam.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FK UNS, Paramasari Dirgahayu,dr., Ph.D. menyampaikan bahwa sembilan dokter yang diambil sumpah telah lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode Februari 2022. Tiga dokter baru berjenis kelamin pria, sedangkan sisanya wanita.

Meski demikian, hanya tujuh orang yang hadir secara luring. Sementara itu, dua dokter baru yang berasal dari Vietnam mengikuti secara daring. Dokter baru yang meraih IPK tertinggi pada pelantikan kali ini adalah dr. Ramadhaningtyas Maghfirotul Fajriani dengan IPK 3,75. Dengan dilantiknya sembilan dokter baru ini, FK UNS tercatat telah meluluskan 6.682 dokter sejak tahun 1976.

Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia UNS, Prof. Dr. Bandi, M.Si., Ak. menyampaikan selamat secara langsung kepada para dokter baru. Prof. Bandi mengingatkan bahwa FK UNS termasuk FK yang cukup diperhitungkan di Indonesia sehingga para lulusan diharapkan dapat mantap menapaki karier baru.

“Selamat kepada para dokter baru. Kami bangga melepas putra putri Bapak Ibu yang lulus sebagai dokter,” ujarnya.

Dekan FK UNS, Prof. Dr. dr. Reviono, Sp.P (K) mengingatkan bahwa momentum ini adalah awal bagi para dokter baru memulai karier. Momentum ini bukanlah akhir dari perjuangan para dokter baru selama ini.

Beliau juga mengingatkan bahwa banyak tangga yang masih bisa dilewati oleh para dokter baru. Tangga-tangga karier tersebut dapat berupa penjenjangan ataupun pendalaman.

“Tangga di depan cukup banyak. Kalian bisa mengambil tangga spesialis atau tangga pendidik dan dosen atau tangga yang lain. Namun, berapa tangga yang kalian pilih itu bergantung pada pilihan kalian. Hanya satu tangga ini boleh, tapi jika mau menapak ke atas juga boleh. Kami sangat terbuka jika teman-teman hendak mengambil pendidikan di UNS lagi,” jelas Prof. Reviono.

Prof. Reviono juga memberi wejangan kepada dokter baru bahwa kemampuan klinis tidak cukup. Hal itu perlu didukung oleh kejujuran dan hiburan. Selain itu, Prof. Reviono juga mengimbau para dokter baru untuk memperluas dan memperkuat jejaring. 

Hal itu juga diamini oleh Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FK UNS, dr. Sri Pratomo, Sp.B., FINACS, FICS. yang hadir secara luring. Beliau mengingatkan 3K yang harus dijalankan oleh para dokter baru. Tiga K yang dimaksud yakni kesejawatan, kesantunan, dan kebersamaan. 

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi Surakarta, Dr.dr. Cahyono Hadi, Sp.OG yang juga hadir secara luring mengimbau para dokter baru untuk menentukan tujuan. Pemetaan tujuan tersebut penting untuk menentukan langkah mana yang akan diambil.

Perwakilan dokter baru yang dilantik, dr. Trisandi Adi Pamungkas memohon doa kepada para hadirin supaya langkah mereka ke depan dimudahkan. Selain itu, mereka juga memohon doa agar dapat mengharumkan nama FK UNS  di karier masing-masing.

“Kami mohon doanya karena perjalanan kami sebagai dokter baru tidak hanya sampai di sini. Kami akan melanjutkan perjalanan baik kami di sini atau teman kami di Vietnam agar selanjutnya kami bisa lebih baik lagi dan lebih teladan lagi serta kami bisa mengharumkan nama FK UNS,” pungkasnya.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.