News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FKIP UNS Gelar Seminar Internasional dan Gelar Budaya Indonesia

FKIP UNS Gelar Seminar Internasional dan Gelar Budaya Indonesia


FKIP UNS Gelar Seminar Internasional dan Gelar Budaya Indonesia

Penulis : eko prasetyo (alexa.IT.com)

SOLO  – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Seminar Internasional dan Gelar Budaya Indonesia dengan tema Refleksi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Lima Benua. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu (28/5/2022). 

Acara ini digelar juga dalam rangka memeriahkan kegiatan Dies Natalis ke-46 UNS. Selain diisi dengan seminar dan pagelaran budaya, kegiatan ini sekaligus peluncuran buku berjudul “Tentang Indonesia” karya Mahasiswa Yale University, USA. Serta peluncuran buku ajar BIPA berbasis budaya Jawa berjudul “Jateng Gayeng”.  

Dalam sambutannya, Rektor UNS yang diwakili oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. turut menyambut baik digelarnyaacara ini. 

“Dengan adanya acara ini sebagai upaya kita bersama dalam menginternasionalisasi eksistensi Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi di ASEAN. Terima kasih kepada para pembicara dan peserta yang hadir pada seminar pagi hari ini. Ini merupakan kegiatan yang baik sekali karena selain seminar ada pagelaran budaya Indonesia sekaligus dapat mempromosikan budaya Indonesia kepada seluruh dunia,” urai Prof. Yunus.  

Kemudian sambutan selanjutnya oleh Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana, M.Si sekaligus membuka acara seminar internasional dan gelar budaya ini. 



“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat berjalan terus-menerus sebagai usaha kita menginternasionalisasi Bahasa Indonesia. Misalnya saja, menjalin kerja sama dengan berbagai negara yang sama-sama memiliki kepedulian terhadap Bahasa Indonesia,” ungkap Dr. Mardiyana.  

Selanjutnya, Ketua Dies Natalis ke-46 UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) menyampaikan apresiasi yang besar atas gelaran acara ini karena sebagai wujud nyata dari internasionalisasi UNS. Ia pun berharap seluruh peserta dapat mengikuti hingga akhir acara serta mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dari ilmu yang didapat melalui seminar ini. 

Kemudian sambutan oleh Ketua Panitia sekaligus Pengajar dan Peneliti BIPA UNS, Dr. Kundharu Saddhono, S.S, M.Hum. Dr. Kundharu mengatakan dalam rangka internasionalisasi Bahasa Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP juga telah mengadakan praktik mengajar BIPA di luar negeri. 



“Salah satunya saat ini mahasiswa UNS sedang magang mengajar BIPA di Yale University. Selain itu, hal ini untuk mengimplementasikan Indikator Kinerja Utama (IKU) UNS melalui program BIPA, sehingga akan dapat menjadi ikon UNS sebagai penggerak BIPA di Indonesia,” ujar Dr. Kundharu. 

Terakhir sambutan oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah yang turut senang atas terselenggaranya acara ini. Ia turut berharap selepas acara ini mampu membuat Bahasa Indonesia semakin jaya. 

Selama berlangsungnya acara, juga dimeriahkan dengan Pentas Budaya oleh Alumni Program BIPA dari Jepang, Thailand, Vietnam, Uzbekistan, dan Venezuela. Acara ini menghadirkan pembicara Indonesian Language Teacher in Yale University, Amerika sekaligus Koordinator BIPA Amerika dan Kanada, Indriyo K. Sukmono, Malay-Indonesian Language, Keio University Shonan Fujisawa Campus, Tokyo, Jepang, Prof. Yo Nonaka, Senior Lecturer in Department of Philology of South-East Asia Countries, St. Petersburg State University, Rusia, Banit Svetlana Viktorovna dan Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya (Pensosbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Rabat, Maroko, Mahmudin. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.