News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lumpur Bleduk Kuwu, Lumpurnya Untuk Memperhalus Kulit

Lumpur Bleduk Kuwu, Lumpurnya Untuk Memperhalus Kulit

Lumpur Bleduk Kuwu, Lumpurnya  Untuk Memperhalus Kulit


Penulis : Eko Prasetyo, caption foto :Bledug Kuwu (ft Eko Prasetyo)

Grobogan – Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Grobogan, terdapat letupan dari dalam bumi. Letupan itu terjadi di Desa Kuwu. Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Letupan itu orang di sekitar di sebut Bledug Kuwu. Bledug Kuwu adalah letupan dari dalam bumi, berupa lumpur. Karena suaranya yang meletup secara periodik terdengar Bledug seperti suara meriam dari gelembung lumpur bersamaan keluarnya asap, gas dan air garam maka masyarakat sekitar menamai Bledug. Karena berada di Desa Kuwu, maka orang menamakan Bledug Kuwu. “Barangkali keajaiban alam ini selain berada di Desa Kuwu Grobogan, bahkan di Indonesia, bahkan dunia,” ungkap Sutrisno, pengunjung dari Cianjur yang datang khusus untuk melihat Bledug Kuwu, Jumat (6/5).

Wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Grobogan, belum lengkap apabila belum datang dan melihat Bledug Kuwu.

Bledug Kuwu adalah letupan dari dalam bumi, berupa lumpur. Karena suaranya yang meletup-letup secara periodic. Terdengarnya Bledug seperti suara meriam dari gelembung lumpur bersamaan keluarnya asap, gas dan air garam maka masyarakat sekitar menamai Bledug. Karena berada di Desa Kuwu, maka orang menamakan Bledug Kuwu.

Menurut mbak Eni, penduduk Desa Kuwu, dari lumpur yang dihasil oleh letupan bisa dipakai untuk menghaluskan kulit atau komestik kecantikan. Begitu pula Shinta, pemilik Salon di kota Solo mengatakan, bahan dari lumpur itu dipakai untuk masker wajah. Bahan itu diambil sesaat setelah gelembung lumpur Bledug Kuwu meletup. Saat meletup itu diantara yang dikeluarkan adalah lumpur yang cair diambil. Lumpur yang cair itu mengalir kemudian ditampung di botol atau benjana lainnya. “Warnanya kelabu kehitam-hitaman,” ujar Shinta.

Selama ini, kata Shinta, Karena banyak yang mencari, kemudian penduduk sekitar kawasan wisata Bleduk Kuwu mencari untuk kemudian menjualnya ke pemilik salon yang berdatangan. “Tidak hanya salon, tetapi mereka yang suka merawat wajahnya juga mencari,” ujarnya.
Menurut Shinta, satu botol air mineral kecil ukuran sekitar 250 ml dijual Rp 5.000. Sekarang ini banyak yang berburu cairan lumpur ini, mungkin mereka telah membuktikan khasiatnya.

Oleh penduduk setempat, selain lumpur banyak dijual di kawasan wisata Bledug Kuwu. Sedang air yang berasa asin kemudian diolah oleh sejumlah penduduk menjadi garam dapur.

Untuk mencapai kawasan wisata Bledug Kuwu tidaklah susah. Dari kota Purwodadi ke arah timur atau arah Blora. Jaraknya sekitar 20 km. “Tidak jauh memang, jalanan juga beraspal halus,” ujar Sutrisno.

Muhammad Rom mengaku pengelola taman Wisata Bledug Kuwu mengatakan, karena merupakan keajaiban alam, dimana dari dalam tanah muncul gelembung lumpur dengan disertai letupan, juga uap, gas dan air garam. Lumpur yang dimuntahkan berwarna kelabu kehitam-hitaman. Gas yang menyertai berupa HO2 atau belerang.

“Konon Bledug Kuwu dulunya berada di dasar laut, tetapi proses, sekarang menjadi daratan. Sehingga lumpur yang dikeluarkan mengandung garam,” jelasnya.

Seiring waktu berjalan, Wisata Bledug Kuwu mulai dikenal banyak orang. Wisatawan banyak berdatangan. Dari tahun ke tahun meningkat terus, tetapi mencapai puncaknya pada setiap Lebaran. “Setiap Lebaran mencapai 5.000 pengunjung,” ungkapnya.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.