News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dewan Profesor UNS Kunjungan ke Bupati Magetan

Dewan Profesor UNS Kunjungan ke Bupati Magetan

 Dewan Profesor UNS Kunjungan ke Bupati Magetan


Penulis : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (alexa.IT.com), caption foto : istimewa

SOLO - Dewan Professor (DP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Magetan. Kunjungan Dewan Professor UNS yang dipimpin Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc, Ph.D selaku Ketua DP UNS dan rombongan yang diterima langsung Bupati Magetan Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H, M.Si. Pertemuan Ketua Dewan Profesor (DP) UNS dan rombongan Dewan Profesor UNS juga didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS Prof. Dr rer nat Sajidan, M.Si. dalam beraudiensi dengan Bupati Magetan. (9/6/2022)


Sebelumnya bertemu Bupati Magetan, rombongan Dewan Profesor UNS yang terdiri dari Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc, Ph.D, Prof. Dr Cucuk Nur Rosyidi, ST, MT, Prof. Dr. Ir Susy Susmartini, MSiE, Prof Dr Sahid Teguh Widodo, M.Hum, Ph.D, Prof Dr.sc.agr. Adi Ratriyanto, S.Pt, MP, Prof. Dr Suciati, M.Pd, Prof Dr Sumarlam, MS, Prof Dr Wahyudi Sutopo, ST, MT, Prof. Dr Ir Endang Yuniastuti, M.Si dan Prof. Dr. Supriyadi, MS mengadakan diskusi dengan Sucipto selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangan (Disperindag) Kabupaten Magetan. 


Dalam acara diskusi tersebut, Sucipto selaku Kepala Disperindag Kabupaten Magetan banyak disampaikan tentang potensi dari kabupaten Magetan. Dimana Magetan sedang melakukan inovasi terhadap potensi daerah, misalnya bagaimana dengan mengolah industri lokal, yang salah satunya kulit. Di Magetan ini, banyak pengrajin kulit yang butuh inovasi dan sentuhan teknologi, supaya memberikan nilai lebih terhadap potensi dan produksi lokal di Magetan. Di sinilah sesungguhnya dibutuhkan peran perguruan tinggi untuk memberikan sentuhan ilmu dan teknologi bagi masyarakat kabupaten Magetan," terang Sucipto Kepala Disperindag Kabupaten Magetan.


Selanjutnya, rombongan Dewan Professor UNS diajak turun ke lapangan untuk melihat industri Kulit yang ada dibawah binaan pemerintah daerah kabupaten Magetan. Rombongan Dewan Professor UNS menyaksikan langsung proses produksi lokal Kulit dari awal sampai akhir yang ternyata butuh inovasi dan sentuhan teknologi. Setelah selesai turun ke lapangan, rombongan Dewan Professor UNS menuju ke kantor Bupati Magetan dan diterima langsung oleh Dr Drs. Suprawoto, M.Si selaku Bupati Magetan.

Kampus UNS di Magetan

Saat bertemu Bupati Magetan, Ketua Dewan Profesor UNS Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc, Ph.D menyampaikan bahwa kunjungan Dewan Profesor UNS saat ini dalam rangka mengembangkan keilmuan baru supaya memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Magetan yang terkenal dengan potensi Kulit, rasanya perlu sentuhan ilmu dan teknologi yang dalam hal ini bisa bekerjasama dengan kampus UNS. Kunjungan ini merupakan apresiasi terhadap Bupati Magetan yang memiliki komitmen terhadap dunia Pendidikan dan ini gayung bersambut dengan rencana kampus UNS di Magetan. Sehingga ke depan butuh Kerjasama UNS dengan Kabupaten Magetan yang perlu ditindaklanjuti dalam rangka pengembangan keilmuan baru dan pengembangan potensi daerah,” terang Ketua Dewan Profesor UNS. 


Dalam sambutannya, Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H, M.Si juga menyampaikan komitmennya terhadap pendidikan di kabupaten Magetan. Pendidikan, bagi Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H, M.Si dianggap sebagai harapan dan kesempatan bagi rakyat Magetan untuk dapat naik jenjang, sehingga memang butuh pemerataan Pendidikan. Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H, M.Si bahkan mempersilahkan UNS untuk membangun kampus UNS di kabupaten Magetan karena secara iklim memang Magetan cocok untuk dunia Pendidikan,” terang Bupati Magetan Dr. Drs.H.Suprawoto, S.H, M.Si. Di samping itu, Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H, M.Si juga menyampaikan tentang potensi lokal Magetan dalam bidang pariwisata dan industry, terutama industri Kulit.


Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS Prof. Dr rer nat Sajidan, M.Si menanggapi apa yang telah disampaikan Bupati Magetan bahwa hibah tanah yang kepada UNS perlu ditangkap sebagai peluang Kerjasama yang baik ke depannya. Perlu dilihat dan dianalisa tentang program studi apa yang sekiranya cocok dan tepat bagi kampus UNS di Magetan. Sehingga perlu ada kajian terlebih dahulu dan Dewan Profesor UNS bisa memberikan rekomendasi terhadap hasil kunjungan kerja ke Magetan kepada Rektor UNS. Misalnya, mulai mana program yang didahulukan, terobosan apa yang bisa dilakukan dan lain sebagainya sebagai langkah awal mensikapi usulan kampus UNS di Magetan,” terang Prof. Dr rer nat Sajidan, M.Si.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.