News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ketua DP UNS Serah Terimakan Drum Incinerator Portable kepada CV Multi Global Agrindo Karanganyar

Ketua DP UNS Serah Terimakan Drum Incinerator Portable kepada CV Multi Global Agrindo Karanganyar

 Ketua DP UNS Serah Terimakan Drum Incinerator Portable kepada CV Multi Global Agrindo Karanganyar 


Penulis : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (alexa.IT.Com),caption foto : istimewa

SOLO - Ketua Dewan Profesor (DP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Suranto, M.Sc., Ph.D., melakukan serah terima dalam kegiatan Hibah Barang Inventaris Program Kemitraan Masyarakat (PKM) kepada CV Multi Global Agrindo (MGA) Karanganyar, Rabu (8/6) Penyerahan barang inventaris tersebut diterima langsung oleh Mulyono Herlambang, S.P., M.M., selaku Direktur CV MGA. Prof. Suranto yang sekaligus Ketua Tim PKM ini turut didampingi Muhammad Indrawan, S.Si., M.Si. dan Suratman, S.Si., M.Si., yang merupakan dosen UNS.

Hibah Barang Inventaris tersebut berupa alat bernama Drum Incinerator Portable yang berfungsi untuk membakar ataupun memusnahkan berbagai macam sampah, terutama sampah yang telah disterilisasi, masker, dan lain-lain. Penggunaan alat ini dinilai cepat dan efisien. Tujuan pemusnahan sampah menggunakan alat ini agar bekasnya tidak disalahgunakan.


Acara ini merupakan rangkaian pengabdian masyarakat yang telah dilakukan selama beberapa waktu. Sebelumnya, Tim PKM dari Program Studi (Prodi) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS ini memberikan materi utama terkait bagaimana mengatasi serangan virus pada tanaman holtikultura seperti tanaman cabe, tomat, semangka, terong, dan lain-lain. 

“Untuk itu, pada hari ini diserahkan alat pembasmi atau pembakar tanaman-tanaman yang terinfeksi virus. Serangan virus harus dapat ditanggulangi. Kalau tidak, kerugian akibat penyakit ini dapat mencapai 20 persen sampai 80 persen,” terang Prof. Suranto selaku Ketua Tim PKM.

Dengan demikian, virus ini harus dikendalikan demi mencegah kerugian yang menghantui para petani holtikultura. Penggunaan alat ini tidak hanya untuk penanganan virus pada tumbuhan saja. Prof.  Suranto menambahkan kalau kegunaannya bisa bermanfaat pada penanganan virus yang menyerang hewan juga, misalnya pada kasus flu burung.

Prof. Suranto berharap penggunaan alat Drum Incinerator Portable ini dapat bermanfaat dalam membasmi virus bagi petani holtikultura di sana. Beliau juga berharap kerja sama yang terjalin antara UNS dengan CV MGA Karanganyar dapat terus berlangsung. Ini karena telah banyak mahasiswa yang melakukan eksperimen dan field trip dalam rangka pembelajaran disini.

“Kebaikan Dirut dan Direktur MGA yang sekian lama bekerja sama dan telah banyak mahasiswa saya yang menggunakan untuk eksperimen dan field trip dapat terus berlangsung,” pungkas Prof. Suranto.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.