News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tim Farmasi UMS Sabet Medali Perak pada World Young Inventors Exhibition Malaysia

Tim Farmasi UMS Sabet Medali Perak pada World Young Inventors Exhibition Malaysia

 Tim Farmasi UMS Sabet Medali Perak pada World Young Inventors Exhibition Malaysia


Penulis : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (alexa.IT.com), caption foto : istimewa

SUKOHARJO -  Tim Farmasi Universitas Muhammdiyah Surakarta (UMS), beranggotakan Rosa Sayentina amin, Muhammad Labib dan Nuri Utami, dengan dosen pembimbing Dr. Arifah Sri Wahyuni mewakili Indonesia dalam kompetisi World Young Inventors Exhibition (WYIE) yang diselenggarakan oleh Malaysia Invention and Design Society (MINDS).

Kompitisi ini dikuti oleh 120 tim dari 16 negara diantaranya Indonesia, Arab Saudi, Malaysia, Korea Selatan dll, kompetisi ini dilaksanakan secara hybrid dengan teknis pelaksanaan presentasi oral yang dinilai oleh juri dari berbagai negara pada tanggal 25-26 Mei 2022 bertempat di KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia. 

Tim farmasi UMS memperkenalkan inovasi sediaan untuk penderita obesitas, dengan basis bahan alami Indonesia dalam formulasi gummy dengan metode Simplex Lattice Design (SLD). Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan daun jati belanda (Guazuma ulmifolia) untuk menurunkan kadar VLDL, daun senna (Cassia angustifolia) untuk memperbaiki kesehatan pencernaan dan ekstrak jeruk nipis untuk meningkatkan cita rasa sediaan. 

Dekan Farmasi apt Erindyah Retno Wikantyasning, PhD menyatakan rasa bangga dan mengapresiasi tinggi pada Tim Farmasi yang berlaga itu.

"Ini sekali lagi membuktikan bahwa mahasiswa Farmasi UMS telah dapat bersaing di level internasional. Tentu kebanggaan buat Fakultas dan UMS dan nama Indonesia," kata Erin, Minggu (5/6)

Sementara itu Dosen Pembimbing sekaligus Kaprodi S1 Farmasi Dr. apt. Arifah Sri Wahyuni menambahkan, "Luar biasa prestasi anak-anak ini, mereka dengan tekun dan antusias menyiapkan proyek ini dengan sungguh-sungguh. Atas capaian ini, tentu kami sangat berbangga".

Dia menambahkan, dukungan penuh dari pihak universitas, fakultas dan kerja keras tim bersama dosen pembimbing serta ijin Allah SWT, Tim Farmasi UMS berhasil menyabet medali perak dalam kompetisi ini.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.