News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Edukasi Ketahanan Diri Anak Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Anak

Edukasi Ketahanan Diri Anak Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Anak

 Edukasi Ketahanan Diri Anak Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Anak


Penulis : ditulis kembali oleh Bachtiar (Alexa.IT.com), caption : istimewa

SOLO - Berdasarkan data Kekerasan terhadap Anak yang bersumber dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONIPPA) tercatat total tercatat total 49.141 kasus dengan jumlah korban 54.336 anak yang mengalami kekerasan selama tahun 2016 – 2020.


Data dengan jumlah angka yang telah disebutkan diatas semestinya menjadi keprihatinan bagi kita semua, untuk mencari solusi preventif bagaimana melakukan upaya – upaya pencegahan dan perlindungan anak – anak sebagai generasi penerus bangsa dari kekerasan serta kejahatan seksual. 


Maka dari itu, Komunitas Ayo Main Solo, Yayasan Sahabat Kapas, Komunitas Permainan Tradisional Anak Bawang dan Republik Aeng Aeng dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional, menggelar kegiatan yang dihadiri lebih dari 100 anak berupa bermain permainan tradisional, lomba karung tandem, mendongeng dengan tema “Aku Mampu Jaga Diri” pada tanggal 24 Juli 2022 di Perempatan Ngarsopuro Car Free Day Slamet Riyadi. 


Dongeng ini ditampilkan secara teaterikal dengan menceritakan tentang kisah seorang anak laki – laki yang berani menghadapi ancaman dari seorang pelaku kekerasan seksual. Dongeng “Aku Mampu Jaga Diri” diharapkan dapat menjadi edukasi ketahanan diri anak untuk bisa berkata “Tidak!”, berteriak keras meminta tolong dan menjaga bagian tubuh privasi mereka saat anak berhadapan dengan situasi yang berbahaya. 


Selain dongeng, komunitas juga akan membagikan  berbagai poster edukasi kepada orang tua yang datang di Car Free Day. Poster tersebut berisi informasi bagaimana melindungi anak dan membantu kemandirian anak agar anak dapat melindungi diri sendiri ketika menghadapi kekerasan seksual.



Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.