News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kemitraan Masyarakat Kelompok Tani Kakao dan Pelaku Industri Start- Up Bidang Pangan Berbasis Olahan Cokelat di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

Kemitraan Masyarakat Kelompok Tani Kakao dan Pelaku Industri Start- Up Bidang Pangan Berbasis Olahan Cokelat di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

 


Penulis : Eko Prasetyo (Alexa.IT.com), caption foto : eko prasetyo.

Yogyakarta. Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu daerah penghasil Kakao di Kabupaten Gunungkidul. Salah satu kelompok tani kakao di daerah tersebut adalah Kelompok Tani Sidodadi yang dipimpin oleh Edy Suparjono. Sejauh ini, sebagian hasil panen kakao oleh kelompok tani dijual dalam bentuk biji kakao kering non-fermentasi atau terfermentasi dengan nilai tambah produk yang relatif kecil. Untuk meningkatkan nilai tambah produk kakao yang dihasilkan di desanya, pada Tahun 2019 para pemuda di Desa Putat mendirikan unit usaha start-up pengolahan kakao dengan nama UKM Semesta Rasa yang dipimpin oleh Panggih Triatmoko. Para pendiri UKM Semesta Rasa ini sebenarnya adalah putra-putri dari para petani di Desa Putat. UKM ini dapat dianggap sebagai lini hilir dari Kelompok Tani Sido Dadi. UKM Semesta Rasa merupakan UKM yang progrsif dan aktif mengikuti berbagai perlombaan kewirausahaan, termasik mencoba mengikuti Food Start-Up Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Tahun 2020, meskipun belum pernah menang karena masih banyaknya kendala dan perlu banyak perbaikan baik dari aspek teknis maupun menejemen.  Berdasarkan permasalahan yang kompleks tersebut dilakukan Program Kemitraan Masyarakat Kelompok Tani Kakao dan Pelaku Industri Start- Up Bidang Pangan Berbasis di Desa Putat.

Program ini dilakukan Universitas Sebelas Maret selama dua tahun dengan anggota Tim dari berbagai bidang ilmu. Pada Tahun 2019, kegiatan dilakukan dengan bantuan pendanaan dari Kemenristek/BRIN dengan anggota Dr. Dimas Rahadian Aji Muhammad, Dr. Sigit Prabawa, dan Mercy B. Yunindanova, M.Si. Kegiatan pada tahun 2019 berfokus pada aspek budidaya dan perawatan tanaman kakao, serta pasca panen dari buah kakao menjadi biji terfermentasi kering. Pada Tahun 2020, kegiatan dilakukan dengan bantuan pendanaan dari Universitas Sebelas Maret dengan anggota Dr. Dimas Rahadian Aji Muhammad, Guzti Fauza, Ph.D, dan Dian R. Affandi, S.TP., M.P. Kegiatan pada tahun 2020 berfokus pada aspek teknis pengolahan produk turunan kakao, termasuk ampyang cokelat, serta manajemen industri pangan yang meliputi cara produksi pangan olahan yang baik (CPPOB)  hygiene,  sanitasi, serta legalitas usaha. Kegiatan pelatihan dilakukan baik secara teoritis maupun praktek, Salah satu hasil dari kegiatan ini adalah UKM Semesta Rasa bertrasnformasi menjadi UKM berbadan hukum dalam bentuk CV dengan nama CV Semesta Rasa Akselera.


Dalam kurun waktu 2 tahu, selain tranfer ilmu dari UNS ke mitra, introduksi berbagai peralatan dilakukan, dan selanjutnya peralatan tersebut diperbantukan kepada mitra. Peralatan yang diperbantukan antara lain: (1) Set peralatan perawatan kebun kakao; (2) Kumbung pengering biji kakao system hybrid yang dapat memanfaatkan panas matahari dan panas dari kompor gas; dan (3) satu set peralatan pengolahan pangan. Hasil dari kegiatan ini mendapatkan apresiasi berupa best paper dalam Konferensi Nasional PKM-CSR 2021.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.