News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PENGARUH PERUBAHAN METABOLIT PASIEN INTRANATAL DAN PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DENGAN PENGGUNAAN EFFLEURAGE ROBO

PENGARUH PERUBAHAN METABOLIT PASIEN INTRANATAL DAN PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DENGAN PENGGUNAAN EFFLEURAGE ROBO



Penulis : Eko Prasetyo (alexa.IT.Com), caption foto : eko prasetyo

 SOLO -Effleurage Massage Robot adalah pemijatan yang dilakukan oleh robot dengan teknik pemijatan berupa usapan lembut, lambat, dan panjang atau tidak terputus-putus yang berguna untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan relaksasi fisik. Ide awal pembuatan produk ini yaitu dari ketua Peneliti, Dr. Revi Gama Hatta Novika yang mengamati kondisi saat pandemi Covid-19 pada ibu hamil yang sedang pada proses persalinan. Biasanya ibu yang akan bersalin mendapatkan dukungan dari banyak keluarga disampingnya, tetapi saat pandemi hanya 1 orang yang dapat menemani, apalagi kalau ibu tersebut terinfeksi covid-19 dia akan menjalani proses persalinannya tanpa ditemani keluarga. Permasalahan tersebut memancing ide ketua peneliti untuk membuat sebuah alat yang fungsi utamanya adalah menggantikan keluarga memberikan rasa nyaman pada ibu saat terjadi kontraksi menjelang proses persalinan, kemudian Dr. Revi berkomunikasi Ubaidillah, PhD ahli Teknik Mesin di UNS untuk menyampaikan ide tersebut. "Hasil dari diskusi dan dengan mempertimbangkan banyak hal, desain seperti apa alat ini akan dibuat telah ditentukan," ungkap Dr. Revi.


    Dr.Revi mengatakan, Effleurage Massage Robot terdiri dari beberapa komponen yaitu kursi obgyn, motor effleurage, dan holder untuk genggaman ibu saat mengalami kontraksi. Kursi obgyn dirancang adjustable (dapat diatur/disesuaikan) sehingga kursi ini dapat membantu mengatur posisi ibu hamil supaya nyaman dengan cara dilipat dan diputar pada beberapa bagian kursinya. Motor effleurage terletak di bagian belakang pinggul ibu hamil memberikan usapan lembut dengan cara 2 piringan yang dilapisi bahan katun dan wol berputar secara perlahan serta dapat diatur kecepatan putarannya. Holder terletak di bagian samping kursi terbuat dari bahan silicon empuk yang dapat menyerap remasan tangan ibu hamil sebagai efek dari rasa sakit dari kontraksi.

    "Effleurage robot merupakan inovasi alat dibidang kedokteran. Pemakaian fitur effleurage robot cukup fleksibel, bisa menyesuaikan posisi paling nyaman oleh pengguna. Sehingga dapat digunakan alternatif bagi ibu bersalin untuk mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan selama persalinan. Komponen fitur penggerak effleurage robot mudah diletakan disisi luar, sehingga dapat memudahkan penggantian komponen. Material bahan mentah effleurage robot mudah didapat di toko," jelas Dr. Revi.


    Setelah alat selesai dibuat, selanjutnya dilakukan uji coba pada beberapa orang untuk evaluasi keamanan saat penggunaan, kekuatan alat dan beberapa hal lainnya. Kemudian dilakukan uji etik untuk penggunaan alat untuk uji coba pada pasien di Rumah Sakit.

        Uji coba pada pasien dilakukan di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret yang melibatkan 30 ibu yang sedang menjelang proses persalinan. Pijatan yang dilakukan oleh effleurage massage robot diharapkan  akan mempengaruhi berbagai zat analgesik yaitu prostaglandin, serotonin, dan bradikinin yang kemudian akan mempengaruhi reseptor nyeri pada lapisan superfisial kulit dan berbagai jaringan di dalam tubuh seperti periosteum, permukaan sendi, dan otot rangka, sehingga pengaruh yang ditimbulkan dapat mengurangi nyeri pada proses persalinan.


        Penelitian yang dilakukan ini di dukung penuh oleh pendanaan dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan sudah dikompetisikan pada The British Invention Show (BIS)-London dengan mendapat penghargaan berupa Double Gold dan Diamond Gold. Peneliti sedang melakukan penambahan automatisasi pada beberapa fungsi untuk memaksimalkan kinerja dari alat.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.