News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pilkalas Rasa Pilpres

SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pilkalas Rasa Pilpres

 SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pilkalas Rasa Pilpres



Penulis : ditulis kembali oleh eko prasetyo ( alexa.IT.com) capt : istimewa

SOLO - Sejumlah 82 murid kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti  Pemilihan Ketua Kelas (Pilkalas) yang diselenggarakan di serambi Masjid Kottabarat Solo, Jumat (15/07/2022).

Pilkalas dikemas layaknya pemilihan presiden (pilpres), lengkap dengan bilik suara, kotak suara, kertas suara, daftar hadir, dan tinta penanda. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Masa Pengenalan Kelas Baru (MPKB).


Layaknya pilpres, petugas pilkalas dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, murid yang bertugas menjaga daftar hadir sejumlah tiga anak. Kedua, petugas penjaga kotak suara sejumlah tiga anak, dan ketiga, satu anak penjaga tinta pilkalas. Mereka juga memiliki hak pilih sesuai rbongan belajar (rombel) kelasnya masing-masing.

Setiap rombel kelas mencalonkan dua kandidat ketua kelas yang sudah dipilih di hari sebelumnya.


Kandidat kelas IV A, yaitu Talita Alya Gazala dan Nismara Pragya Chedrina Agung. Kandidat kelas IV B, yaitu Zaki Adiyatma Alfarisi dan Fahyim Arkananta Sangkara. Sedangkan kandidat kelas IV C, yaitu Faris Ahmad Nafis dan Affan Al Athaya.

Alur pelaksanaan pilkalas, meliputi pemanggilan murid sesuai nomor presensi dan diberi surat suara. Selanjutnya mereka berjalan menuju bilik suara untuk mencoblos surat suara, kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara yang sudah disediakan. Sebelum meninggalkan tempat pemungutan suara, murid membubuhkan jarinya ke tinta sebagai bukti telah memberikan hak suaranya.

Koordinator tim kelas IV, Retno Indriyanti, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan adalah memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri, sehingga potensi kepemimpinannya dapat berkembang dengan baik.


Di samping itu, sekaligus  untuk menanamkan nilai-nilai demokrasi sejak dini sesuai sila keempat Pancasila.

"Program kegiatan seperti ini menjadi bagian dari pengembangan potensi kepemimpinan dan menanamkan semangat berdemokrasi," imbuhnya.

Salah satu murid kelas IV, Alffan Al Athaya merasa senang bisa mengikuti kegiatan pilkalas ini.

"Saya sekarang jadi tahu dan punya gambaran terkait proses pilpres," ujarnya.

Hasil rekapitulasi pilkalas kelas IV A dimenangkan oleh Nismara Pragya C. sebanyak 16 suara. Kelas IV B dimenangkan oleh Fahyim Arkananta S. sebanyak 22 suara. Kelas IVC dimenangkan oleh Faris Ahmad N. sebanyak 25 suara. Terdapat tiga kartu suara yang rusak karena ada kesalahan saat pencoblosan.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.