News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Teknik Sipil UNS Gelar Pengabdian Mengaspal Jalan di Daerah Wisata Genilangit Magetan

Teknik Sipil UNS Gelar Pengabdian Mengaspal Jalan di Daerah Wisata Genilangit Magetan


Penulis : Eko Prasetyo (alexa.IT.com).
MAGETAN - Sejumlah dosen Fakultas Tehnik Sipil Universitas Sebelas Maret menggelar pengabdian masyarakat berupa mengaspal jalan di daerah Wisata Genilangit, Kabupaten Magetan Jawa Timur.  Ari Setyawan MSc, Ph D selaku ketua Tim,  Desa Genilangit Kecamatan Poncol kabupaten magetan adalah sebuah desa destinasi wisata yang mendatangkan Penghasilan Asli Daerah (PAD) sangat potensial untuk Kabupaten Magetan. Adapun anggota  Riset Grup ROADMATE terdiri anggota Roadmate Research Gropu yang melakukan Pengabdian di Magetan; Ir. Agus Sumarsono, M.T, Ir. Djoko Sarwono, M.T, Dr. Ir. Arif Budiarto, M.T , Ir. Djumari, M.T , Ir. Suryoto, M.T, Dr. Florentina Pungky P, S.T., M.T, Wibowo, S.T. DEA , Dr. Fajar Sri Handayani, S.T., M.T dan Muji Rifai, S.T.


Lebih lanjut Ari mengemukakan, sarana dan prasarana pada sebuah destinasi wisata merupakan aspek penting untuk menarik wisatawan berkunjung, oleh karena itu Riset Grup ROADMATE akan melakukan pengabdian masayarakat dengan aplikasi campuran aspal dingin untuk memperbaiki jalan nyang rusak, mengingat derah wisata tersebut jauh dari ketersediaan Asphalt Mixing Plant (AMP) untuk memproduksi aspal panas. "Teknologi aspal dingin bisa dijadikan TEKNOLOGI TERPAT GUNA sehingga masyarakat bisa secara mandiri melakukan perbaikan pada jalan jalan yang rusak, dengan demikian maka pemeliharaan prasarana jalan dapat dilakukan oleh masyarakat secara mandiri. Desain campuran tipis campuran aspal dingin telah dilakukan dalam penelitian untuk membuat alternative bahan perkerasan jalan guna perbaikan jalan lentur berupa penambalan ataupun overlay,"ungkapnya.

 Jika mengambil kasus untuk perbaikan jalan menggunakan metode overlay sebenarnya dapat ditangani sedini mungkin dengan menggunakan alternatif campuran aspal emulsi / campuran aspal dingin (Cold Mix Asphalt). Menurut Kandhal (2015), material yang paling mudah dan efektif dalam penambalan Pothole (salah satu kerusakan jalan) adalah stockpiled cold mix. Campuran aspal dingin ataupun campuran aspal emulsi dingin dapat diaplikasikan untuk perbaikan jalan berskala kecil. Selain itu banyak juga keunggulan yang ada pada campuran aspal emulsi dingin. Campuran aspal emulsi dingin lebih murah, mudah diaplikasikan untuk memperbaiki kerusakan jalan berskala kecil dan perkerasan dapat dilalui oleh kendaraan segera setelah pengaplikasian cold mix. Hal ini memungkinkan pemerintah kabupaten / kota ataupun desa lebih dini mengantisipasi kerusakan pada perkerasan agar tidak lebih parah lagi. "Pengabdian masayarakat dengan mengaplikasikan hasil desain perkerasan dingin ini  diaplikasikan di Desa Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan untuk memelihara prasarana jalan sebagai penunjang kegiatan pariwisata. Pada Gambar 1 disajikan potensi wisata Desa Genilangit yang sangat mendukung PAD Kabupaten Magetan," jelas Ari.


Menurut Ary, kondisi geografis yang cukup jauh dari lokasi AMP dan tuntutan jalan yang medukung pariwisata maka pengabdian masyarakat ini sangat berarti bagi Desa Genilangit seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Kepala Desa  Pardi yang sangat mendukung Program ini. 


Ari Setyawan mengemukan, pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini mengikuti tahapan yang telah direncanakan meliputi metoda Sarasehan (FGD) untuk sosialisasi kepada masyarakat dan metoda Aplikasi serta konstruksi di lapangan dan evaluasinya. Tahapan sosilisasi  dilakukan secara masal berupa penyampian rencana pengabdian kepada masyarakan dalam bentuk FGD dilanjutkan kerja gotong royong bersama masyarakat dan tahap terkhir sarasehan bersama masyarakat dan pejabat setempat berupa evaluasi serta presentasi hasil dan dampak dari aplikasi aspal dingin kepada masyarakat. "Target yang diharapkan dari pengabdian ini untuk masyarakat adalah mengaplikasikan campuran aspal dingin untuk perbaikan perkerasan jalan sebagai full scale model di jalan lingkungan Desa Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan," tandas Ary.


Dijelaskan, pembuatan metoda aplikasi campuran aspal dingin untuk perbaikan perkerasan jalan berupa spesifikasi teknis dan manual pembuatan campuran aspal dingin. Untuk kepentingan akademis luaran dari penelitian ini adalah artikel pada jurnal international bereputasi dan International conference yang berkaitan tentang pengabdian ini untuk menstimulus peneliti ataupun masyarakat luas untuk melakukan penelitian maupun pengabdian dan menerapkan teknologi ramah lingkungan yang berkelanjutan. Conference yang akan diikuti adalah The 6th International Conference on Advanced Material for Better Future Bulan September 2022 dengan proceeding yang dipublish pada Journal of Physics yang terindex Scopus. Untuk kepenbtingan pada bidang pembelajaran akan diterbitkan Buku Ajar tentang campuran aspal dingin untuk perbaikan perkerasan jalan. "Dengan adanya program MBKM maka hasil pengabdian ini dapat diterapkan sebagai KKN tematik pada daerah daerah lain untuk lebih memperkenalkan campuran aspal dingin untuk perbaikan perkerasan jalan untuk mengatasi kerusakan retak pada perkerasan jalan lentur," ungkap Ary.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.