News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dukung Desa Tanggap Bencana: KKN UNS 331 Ciptakan QR Code #KlesemCepatTanggap

Dukung Desa Tanggap Bencana: KKN UNS 331 Ciptakan QR Code #KlesemCepatTanggap

 Dukung Desa Tanggap Bencana: KKN UNS 331 Ciptakan QR Code #KlesemCepatTanggap


Penulis : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo, istimewa

SOLO – Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung ke dalam kelompok 331 menginisiasi penciptaan QR Code yang diberi nama #KlesemCepatTanggap. Adapun penciptaan program QR Code #KlesemCepatTanggap ini diperuntukkan bagi masyarakat Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Ketua KKN UNS Kelompok 331, Nasrul Alief Pratama mengatakan bahwa Desa Klesem merupakan salah satu daerah di Kabupaten Pacitan yang memiliki risiko bencana yang tinggi. Oleh karena itu KKN Kelompok 331 UNS mencanangkan program kerja utama berupa QR Code #KlesemCepatTanggap. Kegiatan ini juga selaras dengan tema KKN Kelompok 331 UNS yaitu “Mitigasi Kebencanaan Desa Klesem” melalui penerapan teknologi digital, yang dapat digolongkan sebagai digitalisasi informasi.

“Program QR Code #KlesemCepatTanggap bertujuan untuk memudahkan masyarakat Desa Klesem dalam mencari atau menghubungi nomor-nomor penting tanggap darurat yang dibutuhkan,” terang Nasrul Alief Pratama.

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) UNS tersebut berharap melalui program QR Code #KlesemCepatTanggap diharapkan bisa membantu masyarakat sekitar jika nantinya terjadi keadaan darurat.

Sementara itu QR Code #KlesemCepatTanggap berisikan informasi yang memuat nomor-nomor darurat yaitu kontak Kepala Desa, kontak Ambulance, kontak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) terdekat, kontak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, kontak tenaga kesehatan Desa Klesem, kontak Polsek Kebonagung, kontak pemadam kebakaran, juga terdapat Peta Titik dan Rute Evakuasi Bencana Tanah Longsor yang dikemas dalam sebuah link dan dapat diakses secara cepat melalui scan barcode. 

Budi Siswanto, S.Pd., M.Ars selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) tim KKN UNS Kelompok 331 turut memberikan dukungan positif atas program QR Code #KlesemCepatTanggap. 

“Program QR Code #KlesemCepatTanggap sebagai usaha dalam pengaplikasian digitalisasi informasi. Semoga dengan adanya program ini dapat memudahkan masyarakat Desa Klesem dalam proses mitigasi bencana. Serta menambah pengetahuan masyarakat dalam penggunaan QR Code,” ujar Budi Siswanto, S.Pd., M.Ars.

Lebih lanjut dukungan penuh turut hadir dari Dianita Agustinawati selaku Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Pacitan dan Tenaga Kesehatan Desa Klesem serta Ike selaku Bidan Desa Klesem. 

Muhammad Mangsuri selaku Kepala Desa Klesem berharap produk QR Code #KlesemCepatTanggap dapat membantu mitigasi bencana atas terintegrasinya nomor-nomor darurat serta peta titik dan rute evakuasi bencana longsor yang dapat diakses cepat melalui scan barcode.

Untuk mengimplementasikan program QR Code #KlesemCepatTanggap, Kelompok KKN 331 UNS melakukan sosialisasi kepada komunitas Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Klesem. Pengadaan sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat paham atas penggunaan dan informasi yang tercantum dalam QR Code #KlesemCepatTanggap. Peserta yang hadir pun cukup antusias terhadap produk QR Code yang dibuat oleh mahasiswa KKN 331 UNS. 

Tidak hanya menciptakan QR Code, kelompok 331 KKN UNS ini juga melaksanakan beberapa program lainnya, seperti sosialisasi mitigasi penanggulangan bencana alam pada tingkat Sekolah Dasar (SD), pemasangan rambu evakuasi, pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Dusun Tlogo, dan kegiatan edukasi cegah diare yang dilaksanakan di Polindes Desa Klesem. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.