News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa FEB UNS Terpilih menjadi Mas Sukoharjo 2022

Mahasiswa FEB UNS Terpilih menjadi Mas Sukoharjo 2022

 Mahasiswa FEB UNS Terpilih menjadi Mas Sukoharjo 2022


Penulis : Ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexa.IT.com), caption foto : istimewa

SOLO-Mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terpilih menjadi Mas Sukoharjo ‘Duta Wisata Kabupaten Sukoharjo 2022’. Ia adalah Rizal Daffa Diatama, mahasiswa yang saat ini duduk di semester lima. 

Rizal terpilih menjadi Juara 1 Putra Duta Wisata Kabupaten Sukoharjo 2022 setelah melewati berbagai tahapan seleksi yang ketat. Saat dinobatkan dalam malam grand final yang berlangsung pada Minggu (28/8/2022), Rizal mengaku senang dan bangga dapat terpilih menjadi juara.

“Kesan pertama saat diumumkan, speechless. Perasaan haru serta bangga bercampur karena proses serta doa telah membawa saya sampai di titik ini,” ungkap Rizal.

Tahapan seleksi pemilihan duta wisata tersebut telah berlangsung sejak 11 Juli 2022. Beberapa rangkaian seleksi tersebut antara lain tes tertulis, wawancara, orientasi lapangan, karantina dan pembekalan, malam kreasi seni, dan grand final. Pada seleksi tes tertulis dan wawancara, Rizal diuji mengenai materi kepariwisataan, kebudayaan, pengetahuan umum, bahasa Jawa, bahasa Inggris, psikologi, wicara publik, dan wawasan kebangsaan. 

“Setelah lolos menjadi 10 besar, ada observasi dan study case ke salah satu desa wisata ‘Desa Juron’ yang ada di Sukoharjo untuk menumbuhkan rasa sadar wisata kepada para finalis. Selanjutnya, karantina selama tiga hari sekaligus malam kreasi seni. Saya menampilkan Tari Beksan Wanara yang bercerita tentang perang tanding antara Sugriwa dengan Subali pada cerita Ramayana,” jelasnya.

Selain Rizal, terdapat dua mahasiswa UNS lainnya yang mengikuti kompetisi ini. Mereka adalah Astri Suryanti dari Prodi Manajemen FEB UNS dan Meza Alana dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS. Astri berhasil meraih Juara 3 Mbak Sukoharjo 2022, sedangkan Meza terhenti sebagai 10 besar finalis Mas Mbak Sukoharjo. 

Rizal berharap dapat berperan aktif dalam memberikan kontribusi bagi Kabupaten Sukoharjo. “Semoga saya juga bisa menyebarkan positive vibes kepada masyarakat mengenai sadar wisata, bangga dan menumbuhkan terhadap potensi yang dimiliki daerah. Melalui pencapaian ini, semoga bisa menjadi awal untuk semakin berkembang dan berkonstribusi terhadap masyarakat,” pungkasnya. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.