News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kenalkan Musik Keroncong Kepada Generasi Muda, UNS Gelar Festival Keroncong Milenial

Kenalkan Musik Keroncong Kepada Generasi Muda, UNS Gelar Festival Keroncong Milenial

 Kenalkan Musik Keroncong Kepada Generasi Muda, UNS Gelar Festival Keroncong Milenial



Penulis : ditulis Kembali oleh Eko Prasetyo  (Alexa.IT.Com)

SOLO -- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS menggelar acara UNS Festival Keroncong Milenial 2022. Acara tersebut digelar di Ballroom Indraprastha UNS Inn, Jumat (9/9/2022) malam dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Universitas Sebelas Maret.

Hadir dalam acara tersebut Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho beserta jajaran Wakil Rektor UNS, perwakilan dari Senat Akademik UNS, dekan, dosen, perwakilan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS, serta turut diramaikan dengan kehadiran mahasiswa UNS dari perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Fakultas dan Mahasiswa Umum.


Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan apresiasinya kepada penyelenggara atas digelarnya UNS Festival Keroncong Milenial 2022. “Ini merupakan salah satu bentuk realisasi visi UNS untuk jadi universitas berbudaya. Keroncong merupakan budaya asli kita yang digandrungi oleh generasi yang sudah agak sepuh. 


Sekarang ini, marilah kita gaungkan bersama bahwa keroncong juga bisa dimiliki dan disukai adik-adik mahasiswa yang sangat milenial ini,” lanjut Prof. Jamal.  


Sedangkan Ketua Panitia Kegiatan, Dr. Sunny Ummul Firdaus menyampaikan bahwa keroncong dipilih karena ingin mencoba mewujudkan ketahanan nasional yang dimulai dari UNS, terkhusus para mahasiswa sebagai pilarnya. “Keroncong bukan hanya milik orang tua tapi juga milik kaum milenial, keroncong milik kita bersama,” tutur Dr. Sunny. 


Dr. Sunny menambahkan bahwa UNS Festival Keroncong Milenial ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan jenis musik khas Indonesia kepada kawula muda khususnya mahasiswa UNS. Dimana dengan adanya perkembangan zaman tentu mendorong adanya pengembangan instrument dan aransemen pada lagu terbaru dengan melakukan aransemen keroncong. Dengan adanya hal ini harapannya kawula muda dapat mengenal musik keroncong melalui lagu kontemporer atau lagu yang sedang trend saat ini. 


Tak ketinggalan, jajaran pimpinan dan mahasiswa UNS pun turut berpartisipasi untuk menyanyikan lagu modern dengan aransemen keroncong. Salah satunya yaitu adanya lagu Bengawan Solo, lagu legendaris dan lekat unsurnya dengan Kota Surakarta yang dilantunkan oleh Rektor UNS. 


Selain adanya parade lantunan keroncong, dalam acara ini juga terdapat acara pemberian penghargaan dan beasiswa. Pemberian penghargaan yang dimaksud yaitu adanya penghargaan 77 Karya Mahasiswa UNS yang terdiri atas 7 Karya Individu Mahasiswa UNS dan 7 Karya Tim Mahasiswa UNS. Adapun karya tersebut terdiri atas Karya Pengabdian Masyarakat, Panel Arsitektur Agrowisata, Literature Review, Poster, Paduan Suara, Atlet Keolahragaan, Pelestarian Budaya, dan Gerakan Peduli Kucing Kampus. Selain itu dalam acara ini juga terdapat adanya pemberian beasiswa kepada mahasiswa terpilih oleh Yayasan Ikatan Alumni UNS dan BPD Bank Jateng.


Dr. Sunny menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan pihak yang terlibat menyukseskan perhelatan tersebut. Tak lupa Dr. Sunny juga menyampaikan apresiasi tertinggi kepada pemusik dan mahasiswa yang berpartisipasi melestarikan jenis musik keroncong sebagai musik yang erat kaitannya dengan budaya Jawa agar nantinya dapat bersama-sama menjaga dan melestarikan guna keberlangsung budaya asli Indonesia kedepannya.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.