News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Prodi Ilmu Sejarah UNS Ciptakan Film Sejarah Perkebunan Vorstenlanden

Prodi Ilmu Sejarah UNS Ciptakan Film Sejarah Perkebunan Vorstenlanden

 Prodi Ilmu Sejarah UNS Ciptakan Film Sejarah Perkebunan Vorstenlanden


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexa.Infoterkini.com), caption foto : istimewa

SOLO -Laboratorium Vorstenlanden Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret menciptakan film dengan tema Sejarah Perkebunan Vorstenlanden. Kegiatan diawalai dengan pengambilan gambar yang dipusatkan di desa perkebunan kopi Banyuanyar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Kegiatan yang dimulai pada tanggal 8 Oktober 2022 tersebut juga diikuti oleh mahasiswa semester V yang sekaligus dalam rangka praktikum penelitian sumber sejarah lisan. 

Pembuatan film sejarah perkebunan Vorstenlanden menjadi penting dalam rangka sebagai media pembelajaran sejarah dan informasi bagi pengembangan industri pariwisata di wilayah Surakarta dan sekitarnya yang dulu merupakan wilayah Vorstenlanden. Judul film yaitu Memori Dezentje dan Wirausaha Kopi Nangka. Isi dari film menceritakan tentang sejarah industri kopi masyarakat terkait dengan memori Yohanes Agustinus Dezentje yang menjadi pengusaha perkebunan di Vorstenlanden era kolonial awal abad ke-19. 


Perkebunan Vorstenlanden di wilayah Ampel Boyolali tidak dapat dipisahkan dari sosok Agustinus Dezentje yang menjadi pengusaha Belanda terkaya di Jawa pada waktu itu. Bahkan makam Agustinus Dezentje juga ada di Situs  Kerkhof Ampel Boyolali. Film sejarah perkebunan Vorstenlanden disamping untuk media belajar sejarah juga dapat dijadikan rujukan untuk pengembangan destinasi wisata sejarah terkait dengan banyaknya perkebunan di wilayah Vorstenlanden. Narasumber dalam pembuatan film adalah Warin Darsono Dezentje yang masih ada garis keturunan dari Agustinus Dezentje dan Eko Budi Suroso yang merupakan owner Omah Kopi Ngemplak. 

Koordinator Kegiatan pembuatan film sejarah perkebunan yaitu Tundjung W Sutirto dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS. Kegiatan pembutan film didanai dari Program Lompatan Universitas Sebelas Maret Tahun Anggaran 2022. Hasil kegiatan berupa laporan kegiatan praktikum penelitian sejarah sumber lisan dan film sejarah perkebunan Vorstenlanden. Dengan kegiatan ini diharapkan ke depan akan dapat dilanjutkan dengan pembuatan film serupa di wilayah perkebunan lainnya di Vorstenlanden.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.