News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UPT Perpustakaan UNS Sukses Selenggarakan Workshop Nasional Public Speaking dan MC

UPT Perpustakaan UNS Sukses Selenggarakan Workshop Nasional Public Speaking dan MC

 

UPT Perpustakaan UNS Sukses Selenggarakan Workshop Nasional Public Speaking dan MC


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : istimewa


SOLO - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses menyelenggarakan Workshop Nasional Public Speaking dan Master of Ceremony (MC) Perpustakaan 2022 pada Rabu (12/10/2022). Kegiatan ini bertempat di Ruang Werkudara UPT Perpustakaan UNS.

Dengan mengangkat tajuk ‘Peningkatan Softskill SDM Perpustakaan Berbasis Public Speaking dan Master of Ceremony’, kegiatan tersebut menghadirkan Farhan Arief, announcer Metta FM dan Emi Indrawati dari UPT Perpustakaan UNS sebagai pembicara.

Achmat Nur Chamdi, S.Pt, M.Si., selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi di depan umum untuk Pustakawan maupun masyarakat lainnya.

“Seseorang ketika berbicara di depan umum biasanya masih sering grogi dan mungkin masih belum memiliki kepercayaan diri yang baik, sehingga ini akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi di depan umum,” ujarnya.

Sambutan lain oleh Kepala UPT Perpustakaan UNS, Burhanudin Harahap, S.H., M.H., M.Si., Ph.D. menyampaikan bahwa bisa berbicara di depan umum dengan baik dan menarik itu bukan bagian dari kepribadian seseorang, melainkan hal tersebut merupakan ilmu mengenai keterampilan dalam berkomunikasi yang bisa dipelajari oleh siapa saja.

“Bagaimana bisa berbicara dengan baik di depan umum itu tidak hanya dilihat dari tutur kata saja, akan tetapi juga ekspresi yang ditampakkan. Oleh karena itu, kita di sini akan belajar bersama dengan pakarnya. Terima kasih banyak Mas Farhan dan Bu Emi atas ilmu serta pengalaman yang akan disampaikan,” tuturnya.

Memasuki sesi pemaparan materi, Farhan Arief menceritakan pengalamannya selama berkarir di dunia public speaking. Menurut Farhan Arief menjadi seorang public speaker itu harus cermat, teliti, dan pandai membaca situasi. Tidak hanya itu, ia juga memberikan beberapa tips untuk mengatasi beberapa permasalahan yang dihadapi ketika tampil sebagai public speaker.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.