News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dewan Profesor (DP) UNS adakan FGD Pancasila di Universitas Udayana

Dewan Profesor (DP) UNS adakan FGD Pancasila di Universitas Udayana

 Dewan Profesor (DP) UNS adakan FGD Pancasila di Universitas Udayana


 ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : istimewa

SOLO- Dewan Profesor (DP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Panitia Kerja (Panja) UNS Pelopor dan Benteng Pancasila bersama Forum Guru Besar (FGB) Universitas Udayana Bali dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) tentang implementasi nilai-nilai Pancasila di Perguruan Tinggi pada tanggal 09 November 2022. Diskusi dilaksanakan di Gedung Pascasarjana Universitas Udayana Bali. Tujuan dari FGD ini adalah untuk berbagi praktik baik (best practice) implementasi nilai-nilai Pancasila di perguruan tinggi. 

Dewan Profesor (DP) UNS Surakarta yang menjadi peserta FGD diantaranya Ketua Panja UNS Pelopor dan Benteng Pancasila Prof. Dr. Triyanto, M.Hum beserta anggota Prof. Dr Leo Agung S, M.Pd, Prof. Sumarlam, Prof. Suciati, Dr. Winarno, Dr. Suryo Ediyono, Dr. Triana, dan Dr. Muhtarom. Sedangkan, peserta FGD dari Universitas Udayana yaitu Ketua Forum Guru Besar Universitas Udayana Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD beserta para anggota FGB, dosen, dan mahasiswa Universitas Udayana. Peserta dari BPIP yaitu Direktur Pengkajian Implementasi Ideologi Pancasila Dr. Irene Camelyn Sinaga, AP., M.Pd. bersama para staf BPIP. 


Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panja UNS Prof. Dr. Triyanto, M.Hum mengatakan bahwa FGD ini merupakan bagian dari pelaksanaan tugas Panja Pancasila untuk merumuskan Naskah Akademik UNS sebagai Pelopor dan Benteng Pancasila. Menurut Prof Triyanto, Bali dipilih sebagai lokasi karena Bali memiliki banyak nilai-nilai lokal yang merupakan bagian dari implementasi nilai-nilai Pancasila. UNS yang saat ini sudah memiliki enam tempat ibadah untuk enam agama resmi di Indonesia perlu diperkuat lagi dengan penawaran gagasan akademik tentang bagaimana seharusnya kampus sebagai pelopor dan benteng Pancasila,” terang Prof. Dr. Triyanto, M.Hum. 


Bahkan, Ketua FGB Universitas Udayana Prof. Ketut Suastika menyatakan sangat senang dengan kunjungan Dewan Profesor (DP) UNS Surakarta karena FGD Universitas Udayana sejak lama punya rencana mengadakan FGD Pancasila, namun belum terwujud. Universitas Udayana siap bekerjasama dengan UNS dan BPIP untuk mempromosikan nilai-nilai Pancasila di perguruan tinggi. Di tambahkan pula oleh Direktur Pengkajian Implementasi Ideologi Pancasila BPIP Dr. Irene Camelyn Sinaga menyatakan bahwa BPIP sangat membutuhkan perguruan tinggi melaksanakan tugas penanaman ideologi Pancasila. BPIP siap membangun komunikasi dengan perguruan tinggi di Indonesia untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila,” terang Direktur Pengkajian Implementasi Ideologi Pancasila BPIP.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.